Tim Kukerta Unri Laksanakan Kegiatan Pembuatan Pupuk Kompos Organik

Tampak masyarakat dan mahasiswa menyimpan tempat pembuatan pupuk kompos organik

KILASRIAU.com  - Dalam rangka melaksanakan Tri Dharama Peguruaan Tinggi yang salah satunya adalah pengabdian masyarakat, civitas akademik Universitas Riau (UNRI) menggelar kegiatan pembuatan pupuk kompos organik di Desa Pulau Banjar Kari, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau.
  
Kompos merupakan salah satu jenis pupuk organik yang sudah ada sejak lama. Pengertian kompos adalah bahan-bahan organik yang sudah mengalami proses pelapukan karena terjadi interaksi antara mikroorganisme atau bakteri pembusuk yang bekerja di dalam bahan organik tersebut.
  
Tim kkn membuat pupuk kompos organik dengan bahan kotoran kambing, sisa makanan dan sisa sayuran, cara buat nya yaitu kotoran kambing, sisa makanan dan sisa sayuran di campurkan menjadi satu setelah itu ditutup dengan terpal hitam dan di diam kan selama satu minggu.
 
Pada tanggal 1 agustus tim pergi ke pulau tongah untuk gotong royong dan memberikan pupuk pada sayuran yang ada pada pulau tongah, pulau tongah adalah lahan desa yang digunakan oleh warga desa untuk berkebun disana. Warga desa sering juga mengadakan gotong royong untuk membersihkan lahan atau kebun yang ada di pulau tongah
  
“Semoga kegiatan yang sudah diberikan oleh tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Riau dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Pulau Banjar Kari dan masyarakat luar,”ujar anggota KUKERTA UNRI 2022 di Desa Pulau Banjar Kari. **






Tulis Komentar