Sambut 1 Muharram, Tim Mahasiswa Kukerta UNRI Turut Berpartisipasi Dalam Pelaksanaan STQ Tingkat Desa Pakning Asal ke IX

KILASRIAU.com - Tim Mahasiswa KUKERTA UNRI Tahun 2022 Desa Pakning Asal, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis turut berpartisipasi dalam menyukseskan pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Desa Pakning Asal ke IX yang dibuka secara resmi oleh Camat Bukit Batu Bapak Acil Esyno, SSTP, M.Si berlangsung secara meriah dan sukses dihalaman Masjid Al-Ilham, Desa Pakning Asal, pada Kamis malam 28 Juli 2022.

Camat Bukit batu berpesan dengan pelaksanaan STQ ini agar dimaknai sebagai media dan sarana untuk meningkatkan kualitas pemahaman terhadap isi kandungan Al-Qur’an. 

“Pahami dan amalkan isi kandungan  Al-Qur’an, dan jangan hanya saat berlangsungnya acara STQ ini  saja, tapi juga setelah pelaksanaan STQ dan hari-hari selanjutnya tetap harus diterapkan”.

Sementara itu Kepala Desa Pakning Asal, Bapak Jaswir mengatakan pihaknya berkomitmen untuk terus melaksanakan kegiatan keagamaan ini disetiap tahunnya, walaupun saat pandemi Covid-19 selama 2 tahun belakangan tidak dapat dilaksanakan secara besar-besaran karena terkait penerapan protokol kesehatan.

“Alhamdulilllah tahun ini kita kembali dapat melaksanakan acara STQ Tingkat Desa Pakning Asal ke IX dengan meriah dan penuh makna. Banyak nilai nilai agama yang dapat diambil dari pelaksanaan STQ ini dan semoga akan bermunculan qori dan qori’ah terbaik dari desa pakning asal kedepannya, untuk mengharumkan nama daerah, baik ditingkat kecamatan, kabupaten, provinsi, maupun ditingkat nasional nantinya,” ujar Jaswir.

Sebelumnya, telah dilaksanakan pawai taaruf yang juga dibuka oleh Camat Bukit Batu. Pawai ini dimulai dari Masjid al-quro, Jalan Jenderal Sudirman, sampai ke garis finish halaman Masjid Al-Ilham Jalan Nusantara Desa Pakning Asal. Pawai taaruf ini ikut dimeriahkan oleh peserta STQ, tokoh masyarakat, hingga tim mahasiswa kukerta UNRI, UIN SUSKA RIAU, dan juga STAIN Bengkalis, serta tamu undangan lainnya.

Dalam acara STQ Tingkat Desa Pakning Asal yang ke IX ini diadakannya 3 cabang lomba, yaitu Cabang tilawah (Murottal, Tilawah Anak, Tilawah Remaja, Tilawah Dewasa), Cabang Syarhil, dan Cabang Hifzil 1 juz.

Koordinator Desa Tim KUKERTA UNRI mengatakan “Tujuan acara ini adalah menggali dan mengembangkan potensi generasi islam seperti membaca, memahami, dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an serta meningkatkan minat, bakat, dan menumbuh kembangkan generasi Al-Qur’an di Desa Pakning Asal”

Tim Mahasiswa KUKERTA UNRI berpartisipasi dalam hal mengisi kepanitiaan acara STQ Tingkat Desa Pakning Asal ke IX seperti ikut andil dalam mengisi bagian MC, Paduan Suara, dan Divisi Acara.

Acara ini didukung serta direspon baik oleh warga setempat serta turut dihadiri anggota DPRD Kabupaten Bengkalis, Sekretaris Kecamatan Bukit Batu, Forkopimcam Bukit Batu, Ketua LPTQ Kecamatan Bukit Batu, Ketua TP PKK Kecamatan Bukit Batu, Lurah Sungai Pakning, Kepala Desa Pakning Asal beserta perangkat, Kepala Desa se-Kecamatan Bukit Batu, Ketua BPD, Lembaga Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Mahasiswa KKN, dan tamu undangan lainnya.**






Tulis Komentar