Dusun Koa Kabupaten Sikka Habis Terlahap Sijago Merah, Kerugian Yang Sicapai Rp.500 Juta

(kompas.com)

 

Kilasriau.com - Kerugian akibat kebakaran yang menghanguskan empat rumah dan satu dapur di Dusun Koa, Desa Rokirole, Kecamatan Palue, Kabupaten Sikka, NTT, diperkirakan lebih dari Rp 500 juta.

Camat Palue Rudolfus Riba mengatakan, estimasi kerugian ini terhitung dengan semua bangunan dan harta benda yang ikut terbakar. Apalagi hampir semua rumah memiliki barang bernilai ekonomi.

“Setelah kita hitung estimasi kerugian akibat kebakaran ini sekitar Rp 500 juta lebih,” ujar Rudolfus Riba saat dihubungi melalaui sambungan telepon, Selasa (23/8/2022).

Pihaknya, lanjut Rudolfus, melaporkan dampak kerugian tersebut kepada Pemkab Sikka agar warga bisa mendapatkan bantuan rumah.

Saat ini, lanjutnya, keluarga terdampak dievakuasi sementara di rumah warga setempat.

Sementara itu, Pemkab Sikka telah menyalurkan bantuan tanggap darurat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial (Dinsos).

Rudolfus memerinci, bantuan dari BPBD berupa lima karung beras masing-masing berisi 25 kilogram. Sementara Dinas Sosial memberikan kasur, selimut, makanan siap saji, dan logistik lainnya.

“Bantuan ini tiba tadi malam. Dan semua bantuan akan kita serahkan hari ini kepada keluarga korban,” ujarnya.

Sebelumnya, peristiwa kebakaran terjadi Minggu (21/8/2022), pukul 10.30 Wita. Akibatnya empat rumah dan satu bangunan dapur ludes terbakar.

Rudolfus menuturkan, kuat dugaan api berasal dari rumah salah satu warga yang sedang dalam perjalanan pulang dari gereja.

“Api diperkirakan muncul dari dapur dan mungkin dipicu oleh api yang belum benar-benar padam saat mereka masak pagi hari,” katanya.






Tulis Komentar