Kata Sandiaga Uno : Jangan Malah Mempersulit Hidup Nelayan

Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahudin Uno (kanan) mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tegalsari, Tegal. (Foto:Dok. Istimewa)

TEGAL, KILASRIAU.com - Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Tegalsari, Tegal pada Kamis, 25 Oktober 2018. Sandiaga datang bersama mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said

Para nelayan yang menyambut Sandiaga curhat pelbagai persoalan kepada calon wakil presiden yang diusung partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Demokrat ini.

Salah satu perwakilan nelayan, Sumarso, mengatakan banyak peraturan pemerintah yang menyengsarakan nelayan. "Termasuk perizinan yang lama dan kami ingin dibolehkan kembali penggunaan cantrang. Cantrang ramah lingkungan kok," kata Sumarso

Larangan cantrang ini dikelurkan oleh Menteri Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dengan alasan merusak ekosistem laut. Namun, Susi sebenarnya telah mengumumkan pencabutan larangan penggunaan cantrang. Pencabutan ini buntut pertemuan Susi bersama Presiden Joko Widodo dengan Aliansi Nelayan Indonesia, medio Januari 2018.

Mendengar keluhan nelayan, Sandiaga menjawab, "Pak Haji Sumarso, saya tidak berani memberikan janji, karena akan ditagih di dunia dan di akhirat. Tapi jika terpilih percayalah, kebijakan di bidang perikanan akan kami permudah, bukan sebaliknya jangan malah mempersulit hidup para nelayan."

Sudirman Said menimpali, "Saya mendengar dari para nelayan Tegal, akibat pelarangan cantrang, bukan saja membuat mereka was-was melaut karena takut ditindak aparat, tapi juga industri pengolahan ikan banyak yang tutup."

Menurut Sudirman, yang kini Caleg DPR-RI dari Tegal, nelayan adalah salah satu pilar ekonomi yang bisa memperbaiki kondisi ekonomi nasional yang sedang terpuruk ini. "Kami akan mencari solusi permanen, solusi win win yang tidak melanggar hukum agar nelayan melaut dengan tenang," kata Sudirman yang ikut menemani Sandiaga kampanye di Tegal.






Tulis Komentar