Tepian Rajo Pangean Dibanjiri Pengunjung, Suhardiman Amby Kibarkan Bendera di Atas Pompong

PANGEAN - Pacu jalur ajang uji coba jelang pacu jalur event nasional di pusat ibu kota kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) di Tepian Narosa Teluk Kuantan dalam rangka memperingati HUT RI 17 Agustus 2022, puluhan ribu masyarakat Kuansing, Riau, berdesak-desakan di Tepian Rajo Pangean, menyaksikan Pacu Jalur, pada Kamis (21/07/2022).

Pacu jalur ajang uji coba 2022 yang digelar di Tepian Rajo Kecamatan Pangean ini akan berlangsung selama tiga hari, dengan jumlah jalur yang berlaga sebanyak 87 buah jalur.

Dari pantauan pewarta Kilasriau.com, tampak disepanjang arena Tepian Rajo Pangean dipadati pengunjung yang saling berdesakan dengan sorakan-sorakan memberikan dukungan kepada anak pacuan jalur dari desa masing-masing.

Bahkan sebagian pengunjung rela berenang ke tunggul kayu dan menaikinya, bahkan rela menceburkan diri ke sungai dan merendamkan diri agar lebih dekat memberikan suport dan menyemangati anak pacu (para pendayung jalur).

Dimana sebelum menyaksikan pacu jalur, tentunya ada acara pembukaannya, dimana Plt. Bupati Kuansing secara langsung membuka pacu jalur ajang uji coba menjelang pacu jalur event nasional.

Kedatangan Plt Bupati Kuansing, Drs. H Suhardiman Amby, Ak.,MM bersama rombongan disambut para penari sembari mengalungkan bunga serta disambut dengan atraksi Silat Pangean yang melegenda itu.

Terlihat hadir bersama Plt Bupati Kuantan Singingi  Drs. H Suhardiman Amby, Ak.,MM, anggota DPR RI sekaligus Ketua PKB Provinsi Riau H Abdul Wahid, S.Pd, juga tampak hadir politikus PAN Provinsi Riau yang kini merupakan Anggota DPRD Provinsi Riau Dr. Mardianto Manan, ST.,MT, tampak juga Wakil Ketua (Waka) I DPRD Kabupaten Kuansing Zulhendri, SPWK, bupati Indragiri Hilir (Inhil) H Muhammad Wardan, Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata, SIK, M.Si, dan Camat Pangean Mahviyen Trikon Putra, SE serta sejumlah pejabat daerah lainnya.

Kedatangan Plt Bupati Suhardiman Amby bersama rombongan disambut hangat oleh panitia penyelengara dan unsur pemerintahan setempat dan warga masyarakat.

Plt Bupati Kuansing, Drs. H Suhardiman Amby, Ak.,MM didampingi Abdul Wahid, S.Pd diarak menuju pompong (Kapal Kecil) yang sudah dihias untuk dinaiki rombongan setelah pemukulan gong oleh Plt Bupati serta pelepasan balon oleh ibu Hj. Yulia Suhardiman pertanda pacu jalur sudah dibuka.

Dimana, di atas Pompong tersebut, Plt Bupati Suhardiman Amby, Ak.,MM dengan mengucapkan 'Bismillahirrahmanirrahiim' sambil memulai mengibarkan bendera disertai suara letusan meriam pertanda pacu jalur ajang uji coba dimulai.

Usai mengibarkan bendera pertanda dimulainya pacu jalur ajang uji coba, kapal yang membawa Plt Bupati beserta rombongan bergerak menuju tribun finish yang disambut sorak-sorai masyarakat sepanjang aliran sungai Tepian Rajo Pangean sambil melambaikan tangan merasa gembira.

Di atas pompong, Abdul Wahid, S.Pd menyaksikan langsung kegembiraan masyarakat Kuansing dengan dilaksanakannya pacu jalur ini. Yang mana, selama ini Ia hanya mendengar saja pelaksanaan pacu jalur di Kuansing. Dirinya mengaku terkejut oleh antusias pengunjung menyaksikan pacu jalur. Ia tidak menyangka seramai dan semeriah ini.

Dengan meriahnya acara pacu jalur ajang uji coba 2022 ini, anggota DPR RI, Abdul Wahid, S.Pd yang turut hadir memeriahkannya, terlihat terkagum-kagum dan takjub melihatnya.

“Memang luar biasa antusias masyarakat menonton pacu jalur ini. Padahal ini baru ajang uji coba. Inilah bukti sebagai bentuk kecintaan masyarakat atas kebudayaan dan tradisi yang diwarisi turun temurun,” begitu diucapkan Abdul Wahid.

Disamping itu, Plt Bupati Kuansing, Drs. H Suhardiman Amby, Ak.MM berpesan kepada seluruh anak pacuan agar bisa menjunjung tinggi sportivitas dalam berpacu, bersainglah secara sehat dan jaga kekompakan.

"Jadikan pacu jalur ini sebagai ajang silaturahmi, mempersatukan dan bersatu bersama, pererat tali silaturahmi diantara sesama, jaga kekompakan dan sportif,” ucap Suhardiman Amby.

Suhardiman Amby juga menyampaikan bahwa pacu jalur adalah merupakan salah satu cara untuk memerkuat ukhuwah Islamiah dan ukhuwah wathaniyah.

Sementara Camat Pangean, Mahviyen Trikon Putra, SE mengatakan, pada pacu jalur ajang uji coba kali ini terdapat sebanyak 87 buah jalur yang berasal dari kabupaten Kuantan Singingi dan kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Camat juga mengakui keterkejutannya dengan melihat banyaknya umat manusia yang hadir menyaksikan pacu jalur ajang uji coba kali ini. Begitu juga dengan jumlah peserta jalur yang berlaga. Menurut pengakuan Trikon, ini sudah melebihi target dan di luar prediksi.

"Kalau melihat animo yang kita dapatkan pada saat ini memang ini diluar prediksi kami. Di luar ekspektasi kami sebagai panitia. Kami tidak menyangka jumlah jalur sebanyak ini, dan penonton juga melimpah seperti ini," begitu dikatakan Mahviyen Trikon.

"Kepada seluruh anak pacuan, jalur yang berlaga di Tepian Rajo ini, mari kita jaga sportivitas dan jalin persaudaraan antara sesama pemacu, dan yang lebih penting untuk mentaati tata tertib yang telah ditetapkan oleh panitia demi kelancaran acara pacu jalur ini," kata Mahviyen Trikon menghimbau.

"Kepada pengunjung kami harapkan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes), jaga kebersihan, dan jaga keamanan," demikian Camat Pangean Mahviyen Trikon Putra, SE menyampaikan.**






Tulis Komentar