Membanggakan, Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN

KILASRIAU.com, Medan - Bentuk komitmen dalam menggerakkan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana demi terwujudnya Keluarga Berkualitas dan menurunkan angka Stunting di Kabupaten Rokan Hulu yang berjuluk Negeri Seribu Suluk,

Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman menerima Penghargaan Manggala Karya Kencana. Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman disematkan lencana dan piagam penghargaan oleh Kepala Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo, Rabu (6/7/2022) sekitar Pukul 16.30 Wib di Hotel Santika Dyandra Kota Medan, Sumatera Utara.

Penyerahan Piagam Penghargaan ini Bersempena Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke XXIX yang dipusatkan di Kota Medan, 7 Juli 2022 mendatang. Penyerahan Piagam Penghargaan MKK itu sesuai dengan Surat Keputusan BKKBN Nomor : 81/Kep/G2/2022.

Disela usai menerima penghargaan, Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman kepada Media Center Diskominfo Rohul mengucapkan puji syukur atas penghargaan Manggala Karya Kencana yang diberikan oleh BKKBN Pusat.

Menurutnya, penghargaan ini merupakan komitmen dalam melaksanakan Program Bangga Kencana di Negeri Seribu Suluk, karena terwujudnya kerjasama yang solid dan dukungan Bupati Rohul dibawah Kepemimpinan H. Sukiman, OPD dan seluruh anggota TP PKK Rohul.

"Alhamdulillah hari ini saya menerima piagam penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN. Ini sebagai bukti pengakuan resmi dari Pemerintah Pusat melalui BKKBN atas berbagai upaya yang telah kita lakukan bersama Pemkab dan TP PKK Rohul dalam upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga, pemenuhan gizi anak sebagai upaya menurunkan angka Stunting di Rohul," kata Hj Peni Herawati didampingi Bupati Rohul H. Sukiman

Hj Peni yang juga Bunda PAUD Rohul ini pun berbangga, karena di Riau hanya Kabupaten Rohul bersama Inhil yang meraih penghargaan Manggala Karya Kencana. Dengan torehan prestasi ini dirinya mengaku akan dijadikan spirit dan motivasi untuk meningkatkan semangat TP PKK Rohul dalam melaksanakan Program 10 PKK untuk meningkatkan pembangunan keluarga dan menurunkan angka Stunting sesuai target Nasional.

"Kedepannya, selain meningkatkan program pembangunan keluarga, saya juga bercita-cita menurunkan angka prevalensi Stunting di Rohul sesuai target Nasional tahun 2024 sebesar 14 persen," ujarnya

Untuk menurunkan angka Stunting, Hj Peni mengaku melalui kunjungan-kunjungan di desa lokus Stunting, kerap memberikan edukasi dan sosialisasi dengan merangkul bidan desa. Selain itu, juga memberikan makanan tambahan bergizi untuk anak-anak usia dini dan rutin melakukan timbangan di Posyandu.

Untuk diketahui, jalan panjang dan perjuangan Ketua TP PKK Rohul H. Peni Herawati Sukiman menerima penghargaan Manggala Karya Kencana ini karena sesuai administrasi penilaian BKKBN dan menorehkan sejumlah prestasi.

Setelah melalui seleksi tingkat Provinsi pada awal Februari tahun 2022 dengan nominasi seluruh ketua TP PKK Kabupaten/Kota di provinsi Riau dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh BKKBN.

Tim Penilai tanda penghargaan Manggala Karya Kencana tingkat Kabupaten melalui Disdalduk KB Rohul dengan Nomor : kpts.475/DPPKB-Set/024 tentang Penunjukan Tim Penilai Teknis dalam rangka pengusulan tanda kehormatan dan penghargaan Manggala Karya Kencana kepada Ketua TP PKK Rohul. Pasalnya, dari penilaian terhadap administrasi, Ketua TP PKK Rohul memperoleh nilai 74.5 dengan kategori baik

Dari penilaian itu dengan rincian aspek dukungan komit Ketua TP PKK Rohul dalam pembentukan pelaksanaan dan Pembinaan Dasa Wisma. Selain itu dukungan dalam pelaksanaan operasional Program KKBPK dan dukungan dalam pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK dan KB Kes.

Sementara dari segi prestasi, Ketua TP PKK Rohul meraih sejumlah prestasi tingkat Provinsi maupun Nasional. Seperti Juara lomba Hati nya PKK, lomba peran serta PKK dalam PHBS, lomba Posyandu dan keberhasilan pelayanan sejuta akseptor tahun 2021.(Adv Khusus/Kominfo)






Tulis Komentar