Ketua TP-PKK Hilir Paparkan Peran PKK Dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Keluarga

KILASRIAU.com  - Ketua TP-PKK Kabupaten Inhil Hj. Zulaikhah Wardan menjadi narasumber saat pelaksanaan Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) Bagi Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) di salah satu hotel jalan Kartini, Tembilahan, Rabu (15/6/22).

Kegiatan tersebut diselenggarakan  Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dan turut dihadiri Plt Kepala Dinas Kesehatan, Sekretaris Dinas Kesehatan, Kepala Bidang dan Sub Koordinator di Lingkungan Dinas Kesehatan, serta Peserta kegiatan PKP dan Bimtek Kader Keamanan Pangan yang dilaksanakan

Hj. Zulaikhah Wardan menyampaikan mengenai Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sebagai gerakan pembangunan masyarakat bermula dari seminar Home Economic di Bogor tahun 1957. Kesejahteraan keluarga menjadi tujuan utama PKK. Dari keluarga yang sejahtera ini, maka tata kehidupan berbangsa dan bernegara akan dapat melahirkan ketentraman, keamanan, keharmonisan, dan kedamaian.

"Maka dari itu,kegiatan ini harus ada tindak lanjutnya baik pembinaan dan pengawasan di lapangan sehingga tujuan diadakan pelatihan ini tercapai, yaitu pengusaha industri rumah tangga pangan dan kader keamanan pangan mampu menggerakkan individu, kelompok atau masyarakat untuk mengembangkan usahanya di bidang masing masing," jelasnya.

Lebih lanjut Hj Zulaikhah Wardan yang akrab disapa Bunda itu mengatakan agar kiranya semuanya dapat berinovasi dengan mengolah pangan berbahan serba kelapa bahkan keterampilan dari bahan turunan kelapa, mengingat Inhil adalah daerah hamparan kelapa dunia, sehingga bahan baku seperti sabut, tempurung, lidi dan lain lain dapat diolah dan bernilai ekonomi.

"Inhil ini terkenal dengan sebutan hamparan kelapa dunia serta memiliki bermacam ketrampilan tentunya sangat sayang tidak dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, karena ini dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga. Oleh karena itulah tugas dan fungsi TP-PKK menjadi motivator dan penggerak masyarakt agar mampu melaksanakan program TP-PKK di lingkungan masing-masing," tambahnya






Tulis Komentar