Forkompinda Inhil Deklarasi Pemilu 2019 Aman Damai dan Sejuk di Kabupaten Inhil

TEMBILAHAN, KILASRIAU.com - Forkompinda Inhil mendeklarasikan Pemilihan Legislatif (Pileg), Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) tahun 2019 yang aman, damai dan sejuk di Kabupaten Inhil dalam sebuah deklarasi damai yang di gelar di Aula Bhakti Rekonfu Mapolres Inhil, Jalan Gajah Mada No. 02 Tembilahan, Kamis (18/10/2018).

Deklarasi damai dibacakan langsung oleh Perwakilan Parpol dan Caleg Peserta Pemilu 2019 di Kabupaten Inhil, serta Bupati Inhil yang diwakili Asisten Pemerintahan Setda Inhil, Drs. H. Darussalam, M. Si, Kapolres Inhil, AKBP. Christian Roni Putra, SIK, MH, Dandim 0314 Inhil, diwakili oleh Kapten. Inf. Anwarsyah Siregar, Ketua DPRD Inhil yang diwakili oleh Anggota DPRD Inhil, Yusuf Said, Ketua KPU Inhil Nahrawi, S. Ag, Ketua Bawaslu Inhil, M. Dong, SP dan undangan lainnya.

Kapolres Inhil AKBP Christian Roni Putra, S.IK, MH selaku inisiator deklarasi mengatakan, deklarasi damai sebagai bentuk upaya agar Pemilu 2019 bisa aman kondusif, aman, lancar serta sejuk tentunya.

“Bahwasannya kita berkaca pada Pilkada Serentak 2018, disitu juga sudah kita laksanakan sinergitas dengan TNI dan stake holder. Untuk penyelenggaraan Pemilu juga KPU dan Bawaslu berjalan aman lancar, diharapkan seperti itu,” ujar Kapolres kepada awak media usai pembacaan dan penandatanganan deklarasi.

Khusus kepada masyarakat dan pihak – pihak yang terlibat dalam Pemilu 2019, Kapolres menekankan agar tidak melakukan pelanggaran sekecil apapun, apakah itu Hoax, ujian kebencian dan sebagainya.

Namun apabila ada pelanggaran Pemilu, menurut Kapolres, pihaknya telah menyiapkan penyidik Gakumdu yang terdiri dari Bawaslu ada kejaksaan.

“Ada kita awasi (medsos), strateginya dari kepolisian, yang jelas ada. Jadi patrolinya tidak hanya di jalan tapi juga di media sosial,” tutur Kapolres.

Terakhir kepada seluruh Kapolsek dan Bhabinkamtibnas yang tersebar di seluruh wilayah hukum Polres Inhil, Kapolres mengingatkan agar selalu bersikap netral dalam Pemilu 2019.

Untuk diketahui, kegiatan Deklarasi Damai diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan Sambutan KPU Inhil, Sambutan Bawaslu Inhil, Sambutan Kapolres Inhil dan Sambutan Bupati Inhil dan dilanjutkan dengan Pembacaan deklarasi damai Yang di ikuti oleh seluruh Peserta dan penandatanganan naskah deklarasi damai dari masing - masing Ketua Partai Peserta Pemilu Kabupaten Inhul dan diketahui oleh Forkopimda Inhil.

Tampak juga hadir pada deklarasi, Kajari Inhil yang diwakili oleh Kasi Pidum Farouk, SH, Ketua Pengadilan Negeri Tembilahan yang diwakili Nurmala Sinurat, SH, MH, serta Para Kabag, Kasat dan Perwira Polres Inhil, Para Kapolsek Jajaran Polres Inhil, Perwakilan Instansi terkait, para Ketua Penguyuban di Inhil, tokoh masyarakat Inhil serta Perwakilan Mahasiswa Inhil.






Tulis Komentar