Rapat Penetapan Panitia Festival Pacu Jalur Event Kebudayaan, Camat: Perusahaan Harus Andil Sukseskan Pelaksanaan

BASERAH - Dalam rangka menjelang perhelatan Pacu Jalur Event Kebudayaan Kabupaten Kuantan Singingi, Unsur Pimpinan Kecamatan (Upika) kecamatan Kuantan Hilir dan kecamatan Kuantan Hilir Seberang, Ketua Umum Panitia dan seluruh tokoh masyarakat se kecamatan Kuantan Hilir dan kecamatan Kuantan Hilir Seberang gelar rapat penetapan panitia festival pacu jalur event kebudayaan, Kamis (12/05/2022) di Gedung Serba Guna Kuantan Hilir.

Dalam rapat penetapan panitia ini, terlihat hadir, Camat Kuantan Hilir Jhon Pitte Alsi, S.IP, Kapolsek Kuantan Hilir AKP Asril, S.Sos.,MH, Camat Kuantan Hilir Seberang Novrion, S.Sos, Sekcam Kuantan Hilir Agus Suprianto, S.Sos, Para Kades se Kecamatan Kuantan Hilir dan Kuantan Hilir Seberang, para Pemuka Adat ke 2 kecamatan, Tokoh Adat, Datuk-datuk dan ninik mamak sekecamatan Kuantan Hilir dan Kuantan Hilir Seberang.

Rapat penetapan panitia festival pacu jalur event kebudayaan ini dibuka secara resmi oleh Camat Kuantan Hilir, Jhon Pitte Alsi, S.IP. Dalam rapat tersebut ditetapkan lokasi festival pacu jalur  event kebudayaan akan dilaksanakan di aliran Sungai Indragiri tepian Lubuok Sobae kecamatan Kuantan Hilir.

Hal ini berdasarkan instruksi Plt Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Drs. H Suhardiman Amby, Ak.,MM ketika melaksanakan Safari Ramadhan 1443 Hijriyah di Baserah Kecamatan Kuantan Hilir beberapa waktu lalu.

Dimana, Plt Bupati H Suhardiman Amby meminta agar Camat Kuantan Hilir Jhon Pitte Alsi, SIP bersama Camat Kuantan Hilir Seberang Novrion, S.Sos untuk bisa segera melaksanakan rapat pembentukan kepanitiaan dari 2 kecamatan dengan satu wadah, guna dapat mensukseskan perhelatan Pacu Jalur Event Kebudayaan Kabupaten Kuansing tersebut.

“Alhamdulillah kepanitiaan Pacu Jalur Event Kebudayaan Kabupaten Kuantan Singingi tahun 2022 yang akan dilaksanakan insya Allah pada tanggal 14 hingga 17 Agustus 2022 mendatang telah terbentuk,” kata Camat Kuantan Hilir Jhon Pitte Alsi didampingi Camat Kuantan Hilir Seberang Novrion.

Kepanitiaan ini sudah secara resmi terbentuk dan segera akan mematangkan segala bentuk persiapan lainnya guna mensukseskan pelaksanaan pacu jalur yang hanya tinggal beberapa bulan lagi, ujar kedua camat itu.

“Prosesi pelaksanaan yang di taja sejak 10 hingga 17 Agustus 2022 ini, kegiatan pacu jalurnya di laksanakan pada 14 hingga 16 Agustus, sementara 17 Agustus 2022 dilaksanakan Upacara HUT RI, usai pelaksanaan upacara tersebut dilakukan penyerahan hadiah kepada para pemenang pacu jalur, dan setiap pemenang diminta untuk ikut serta dalam pelaksanaan atau sebagai peserta upacara nantinya,” kata Jhon Pitte membeberkan.

Jhon Pitte Alsi menjelaskan, bahwa kegiatan perhelatan Festival Pacu Jalur Event Kebudayaan Kabupaten Kuansing tahun 2022 ini, dilaksanakan dengan kepanitian yang berdasarkan akan dikembalikan pelaksanaannya secara bertahap kepada pemangku adat, dengan perpaduan kepanitian yakni dari pegawai kantor camat di 2 kecamatan, 8 orang Datuk Penghulu Nan Barompek, yang terdiri dari 4 Penghulu Kenegerian Koto Tuo dan 4 Penghulu Kenegerian Koto Rajo serta unsur-unsur lainnya.

“Pelaksanaan kegiatan pacu jalur ini juga akan di kemas dengan pertunjukan berbagai kesenian adat istiadat yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi, terutama dari daerah setempat nantinya, seperti perlombaan randai, kuliner dan lain sebagainya,” begitu kata Jhon Pitte menjelaskan.

Dalam kesempatan yang sama, Novrion juga menjelaskan bahwa, kegiatan yang akan dilaksanakan nantinya disesuaikan dengan nama eventnya, yakni Pacu Jalur Event Kebudayaan Kabupaten Kuansing Tahun 2022 di Tepian Lubuok Sobae Baserah. Untuk itu, sambung Novrion, atas nama kepanitian, dirinya berharap kepada seluruh komponen masyarakat agar dapat mendukung serta mensukseskan pelaksanaan Festival Pacu Jalur Event Kebudayaan Kabupaten Kuansing Tahun 2022 tersebut nantinya.

“Kita juga berharap adanya dukungan dari setiap Perusahaan yang berwilayah operasional di Dapil 2 Kuantan Singingi umumnya, khususnya di 2 Kecamatan, yakni Kuantan Hilir dan Kuantan Hilir Seberang, seperti PT. RAPP, PT Duta Palma Nusantara (DPN), dan perusahaan lainnya, termasuk Perbankan agar turut membantu pendanaan pelaksanaan ini nantinya. Karena event yang dilaksanakan ini adalah kebudayaan masyarakat di negeri ini, wajib hukumnya bagi mereka (Perusahaan, red) memberikan bantuan dari CSR nya,” kata Novrion tegas.

Diitegaskan Novrion lagi, setiap jalur yang akan ikut serta sebagai peserta pacu jalur nantinya, diminta agar melengkapi sebagaimana ciri khas nuansa jalur pada masa lalu.

“Ketentuannya, semua unsur yang terkandung dalam nilai seni sebagaimana aslinya jalur pada masa lalu yang benar-benar bernuansa budaya asli Kuantan Singingi harus di lengkapi, karena hal ini juga akan dinilai nantinya, tidak boleh tidak dilengkapi,” tegas Novrion.

Delapan orang Datuk Penghulu dari dua kenegerian yang ada di Kecamatan Kuantan Hilir dan Kuantan Hilir Seberang, yakni 4 orang Datuk Penghulu Kenegerian Koto Tuo dan 4 orang Datuk Penghulu Kenegerian Koto Rajo juga mendukung semangat anak cucu kemenakan yang memang sudah rindu dengan event kebudayaan asli Kabupaten Kuansing.

“Pada intinya kami sangat mendukung dilaksanakannya Pacu Jalur Event Kebudayaan Kabupaten Kuantan Singingi yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 sampai 17 Agustus 2022 mendatang. Dimana kebudayaan asli negeri kita ini sudah kurang lebih 2 tahun ditiadakan karena terjadinya masa pandemi Covid 19, namun demikian kita harus benar benar kompak dan satu suara dalam mensukseskan event yang sangat besar ini agar terlaksana dengan baik, lancar, sukses, sebagaimana mestinya,” saran para Datuk Penghulu Nan Barompek dari 2 Kenegerian, Koto Tuo dan Koto Rajo tersebut.

Dalam kegiatan pembentukan kepanitian Pacu Jalur Event Kebudayaan Kabupaten Kuansing, pada Kamis pagi itu, telah terbentuk panitia inti pelaksanaan, yakni H Wariman DW, SP.,MSi sebagai Ketua Umum, Maspar Mahmur, SE.,Ak sebagai Ketua I membidangi Pacu Jalur, Harmidi Datuk Paduko Rajo sebagai Ketua II membidangi Kebudayaan dan Kesenian, H Khairun Saleh sebagai Ketua III membidangi Usaha dan Pendanaan.

Sementara untuk Sekretaris Umum dipercayakan kepada Agus Supriyanto sekaligus Sekcam Kuantan Hilir, Pembantu Sekretaris diberikan kepada Didik Marka Hendika SIP, serta H Wiwit Erianto sebagai Bendahara, dan seksi-seksi kegiatan lainnya.

Dalam rapat ini juga, Kapolsek Kuantan Hilir AKP Asril, S.Sos.,MH menyampaikan pesan kepada para seluruh komponen masyarakat Kuantan Hilir dan Kuantan Hilir Seberang untuk saling menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama kegiatan berlangsung.

"Jaga kertertiban, baik ketertiban acara, area parkir maupun para pedagang pada saat berlangsungnya kegiatan," demikian Asril berpesan.**






Tulis Komentar