Pensibu Riau 2022 Sukses Ditaja MGMP se Provinsi, Kuansing Tak Kalah Hebat

 

TELUK KUANTAN - Pekan Seni Budaya (Pensibu) Provinsi Riau Tahun 2022 yang ditaja Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMA/SMK/MA Se Provinsi Riau, pada Kamis-Sabtu (03-05/03/2022) di Kota Pekanbaru, sukses dan lancar dilaksanakan.

Demikian hal itu dikatakan Ketua MGMP SMK Kota Pekanbaru, Suryono, S.Pd.,M.M sekaligus Ketua Panitia Pensibu Riau 2022. Acara Pensibu didasarkan oleh kurikulum SMA SMK & MA tentang penyelenggaraan pagelaran dan pameran seni. Pensibu sebagai pelopor silaturahmi MGMP seni budaya se provinsi Riau.

"Alhamdulillah, Pensibu Provinsi Riau Tahun 2022 yang ditaja MGMP ini dilaksanakan dengan sangat antusias, sukses dan lancar," begitu kata Ketua MGMP SMK Kota Pekanbaru, Suryono, S.Pd.,M.M, mengatakan.

Dimana kegiatan yang ditaja oleh MGMP seni budaya ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Dr. Kamsol, beliau sangat mengapresiasi kegiatan Pensibu ini.

Dalam sambutannya, Dr. Kamsol mengatakan bahwa ada 3 aspek yang dibutuhkan bagi siswa saat ini yaitu kognitif, IT, dan karakter. Dimana menurut Dr. Kamsol, karakter atau akhlak yang dibutuhkan untuk siswa, sama sekarang. Jadi dengan mempelajari tentang seni dan budaya, maka akan terbentuklah karakter yang bisa menghargai, disiplin, mengolah rasa kelembutan, dan bertanggung jawab. Dengan demikian, ilmu seni budaya mampu merobah kualitas tertentu atau chiri khas yang dimiliki (Karakteristik).

"Dibutuhkan 3 aspek bagi siswa saat ini, yaitu kognitif, IT, Karakter. Karakter atau akhlak yang dibutuhkan untuk siswa, sama sekarang. Sehingga dengan belajar seni budaya, ada aspek yang dipelajarinya seperti tanggung jawab, menghargai, disiplin waktu, mengolah kelembutan rasa," demikian ungkap Dr. Kamsol.

Disamping itu, Ketua MGMP Seni Budaya SMA/MA Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) sekaligus Ketua Tim Pensibu SLTA Kuansing, Ronaldo Rozalino, S.Sn.,M.Pd mengatakan, bahwa Pensibu Riau 2022 ini, beragendakan kegiatan Seminar Guru Seni Budaya, Pagelaran Seni dari Siswa dan Guru Seni Budaya Kab/Kota se Provinsi Riau, dan Lomba Lukis untuk siswa.

"Iya, agenda Pensibu Riau 2022 ini adalah kegiatan seminar guru seni budaya, ada lomba lukis untuk siswa, dan pagelaran seni dari siswa dan guru seni budaya kabupaten/kota se Provinsi Riau," kata Ketua MGMP Seni Budaya SMA/MA Kabupaten Kuansing sekaligus Ketua Tim Pensibu SLTA Kuansing, Ronaldo Rozalino, S.Sn.,M.Pd, kepada pewarta KilasRiau.com pada Senin (07/03/2022) siang, di Teluk Kuantan, mengungkapkan.

"Pagelaran seni yang ditampilkan pada kegiatan tersebut, terdiri dari para siswa dan guru se Riau. Dari 12 Kab/Kota yang ada di Provinsi Riau, Kabupaten Kuansing tak kalah ikut menampilkan Tari Jalur nya," imbuh Ronaldo bersemangat.

Lanjut Ronaldo lagi, "berbagai pagelaran yang ditampilkan di gedung Idrus Tintin Pekanbaru. Dari SMA, SMK, MA di kota Pekanbaru, Alhamdulillah lomba Lukis dari siswa Kuansing meraih Juara 3 Se Riau dari SMK Muhammadiyah Cerenti Kab. Kuansing," Ungkap Ronaldo Rozalino.

"Luar biasa siswa siswi yang tampil. Memukau penonton yang hadir," demikian kata Ketua MGMP Seni Budaya SMA/MA Kabupaten Kuansing sekaligus Ketua Tim Pensibu SLTA Kuansing, Ronaldo Rozalino, S.Sn.,M.Pd kembali mengungkapkan.

Pekan Seni Budaya Riau 2022 ini adalah yang perdana dilaksanakan. Sehingga dengan adanya kegiatan ini, bentuk wadah bagi guru dan siswa untuk berkarya seni budaya dibidang Musik, Tari, Teater, Seni Rupa. Sehingga minat bakat siswa di sekolah bisa diapresiasikan disini dan memotivasi untuk selalu berkreasi. 

Dengan mempelajari ilmu pengetahuan, hidup semakin mudah. Dengan mempelajari agama hidup semakin berfaedah dan terarah. Dengan belajar seni, hidup semakin indah, berwarna penuh pesona, dengan khasanah seni budaya Melayu Riau yang ada.

Jangan berhenti berkarya (seni) sampai Tuhan mengatakan saatnya pulang. Jangan mati sebelum berkarya, dan teruslah berbuat untuk memajukan khasanah seni budaya. 
Salam Seni Budaya.**






Tulis Komentar