Galeri Foto

DPRD Pekanbaru-Pemko Teken MoU KUA PPAS APBD Perubahan 2022 Rp 2,5 T

KILASRIAU.com  - DPRD Pekanbaru akhirnya menggelar Rapat Paripurna MoU KUA PPAS APBD Perubahan 2022, Selasa (27/9/2022).

Rapat dipimpin Ketua DPRD Pekanbaru,  Muhammad Sabarudi ST didampingi tiga wakilnya Ginda Burnama ST, T Azwendi Fajri SE, Ir Nofrizal MM serta para anggota dewan lainnya. 

Sementara dari Pemko Pekanbaru hadir Pj Wali Kota Pekanbaru,  Muflihun, Sekko, HM Jamil, dan kepala OPD terkait. 

Ketua DPRD Pekanbaru Muhammad Sabarudi ST menjelaskan, bahwa hasil kesepakatan MoU KUA PPAS APBD Perubahan 2022 antara DPRD Pekanbaru dengan Pemko, sebesar Rp 2,5 triliun. 

"Dari angka tersebut, tidak ada penambahan di anggaran perubahan ini. Kenapa tidak bertambah, karena kemampuan kita tak bisa. Kan nggak mungkin kita paksakan," kata Sabarudi usai Paripurna. 

DPRD Pekanbaru bersama Pemko, tidak bisa memaksakan penambahan anggaran. Meski pada APBD Murni 2022 kemarin disahkan Rp 2,560 triliun. 

"Bisa-bisa kalau dipaksakan, nambah hutang tunda bayar. Bagus kita pahit-pahit dari sekarang. Biar berjalannya bagus ke depan," terangnya. 

Diusulkan pertama, anggaran perubahan 2022 Rp 2,7 triliun. Namun tidak disetujui Pemprov Riau. 

Disinggung tahapan selanjutnya Paripurna APBD Perubahan 2022 ini, Sabarudi menegaskan, bahwa sesuai jadwalnya, pihak DPRD Pekanbaru terkejar mengesahkan APBD Perubahan 2022 ini, sebelum tanggal 30 September. 

"Insya Alloh terkejar. Setelah MoU ini, kita nota, lalu Paripurna Pandangan Fraksi, Jawaban Pemerintah, terakhir pengesahan APBD Perubahan 2022 Pada Jumat (30/9/2022)," paparnya. 

Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun usai Paripurna menegaskan, angka Rp 2,5 triliun ini, memang tak bertambah dari yang lama. Kenapa tidak bertambah, karena PAD Kota Pekanbaru tak sanggup. 

"Makanya, kita menghindari tunda bayar tahun depan. Kita bersepakat dengan DPRD, angka ini. Bagaimana kita mengeluarkan kegiatan yang tak strategis. Memang ada DAU dan dana bagi hasil," jelasnya. 

Diakuinya, target PAD 1 triliun, itu merupakan target nonsen. Ke depan, Pemko hanya mematok target realistis saja. 

"Kita ril saja, sehingga tahun depan bisa maksimal. Tidak ada penambahan kegiatan baru. Cuma di perubahan ini ada penambahan dana OP (operasional) Rp 10 miliar untuk jalan rusak," sebutnya.***

Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP menandatangani MoU KUA PPAS APBD Perubahan 2022 saat Rapat Paripurna, Selasa (27/9/2022).

Ketua DPRD Pekanbaru, Muhammad Sabarudi dan Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun memegang berkas MoU KUA PPAS APBD Perubahan 2022 saat Rapat Paripurna, Selasa (27/9/2022).

Ketua DPRD Pekanbaru, Muhammad Sabarudi ST didampingi Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun dan Wakil Ketua DPRD, menandatangani MoU KUA PPAS APBD Perubahan 2022.

Plt Sekretaris DPRD Pekanbaru Maisisco SSos saat membacakan hasil Paripurna MoU KUA PPAS APBD Perubahan Kota Pekanbaru 2022.

Jajaran Pimpinan DPRD Pekanbaru dan Pj Wali Kota Pekanbaru saat mengikuti Paripurna MoU KUA PPAS APBD Perubahan 2022, Selasa (27/9/2022).

Anggota DPRD Pekanbaru saat mengikuti Rapat paripurna MoU KUA PPAS APBD Perubahan 2022, Selasa (27/9/2022).