Galeri Foto

Potret Perkebunan Kelapa di Kecamatan Kemuning

KILASRIAU.COM, INDRAGIRI HILIR - Potret perkebunan kelapa masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) di wilayah Kecamatan Kemuning.

Perkebunan kelapa tersebut merupakan perkebunan kelapa masyarakat di Desa Kemuning Tua, Kecamatan Kemuning.

Kecamatan Kemuning ini merupakan wilayah kecamatan di Kabupaten Inhil yang paling sedikit ditumbuhi pohon kelapa di banding kecamatan lainnya

Berdasarkan data Dinas Perkebunan Kabupaten Inhil pada semester II atau Juli sampai Desember 2019, perkebunan kelapa jenis Kelapa Dalam di Kecamatan Kemuning memiliki luas 18 hektar, dengan potensi produksi hasil 18.210 kilogram.

Untuk perkebunan kelapa jenis Kelapa Hibrida hanya memiliki luas satu hektar, dengan potensi produksi hasil perkebunan mencapai 840 kilogram.

Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Inhil, Drs. Sirajuddin, MM melalui Kabid Pengolahan dan Pemasaran Ardiansyah, SE menyampaikan data di tahun 2019, di Kecamatan Kemuning terdapat 27 KK yang memiliki perkebunan Kelapa Dalam.

Sedangkan untuk perkebunan kelapa jenis Hibrida terdapat satu KK pemiliki perkebunan kelapa jenis Hibrida di Kecamatan Kemuning.

"Di Kecamatan Kemuning hanya terdapat puluhan masyarakat yang perekonomiannya ditopang melalui hasil dari produksi perkebunan kelapa," imbuh Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Ardiansyah, SE.

Untuk diketahui, luas hamparan perkebunan kelapa di Kecamatan Kemuning merupakan Kecamatan yang paling sedikit di tumbuhi pepohonan kelap. (Adv/Galeri Foto/Arbain)