Galeri Foto

Potret Perkebunan Kelapa di Kecamatan Enok

KILASRIAU.COM, INDRAGIRI HILIR - Potret perkebunan kelapa masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) di wilayah Kecamatan Enok, Desa Pengalihan Enok.

Perkebunan kelapa jenis Kelapa Dalam di Kecamatan Enok memiliki luas 30.895 hektar, dengan potensi produksi hasil 23.201.019 kilogram (Semester II). (Data Disbun Inhil 2019).

Untuk perkebunan kelapa jenis Kelapa Hibrida di Kecamatan Enok memiliki luas 481 hektar, dengan potensi produksi hasil 230.574 kilogram (Semester II). (Data Disbun Inhil 2019).

Selain itu, disela pepohonan kelapa di Kecamatan Enok, masyarakat juga menanam pohon pinang dan sayuran sebagai nilai tambah dari hasil perkebunan.

Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Inhil, Drs. Sirajuddin, MM melalui Kabid Pengolahan dan Pemasaran Ardiansyah, SE menyampaikan data di tahun 2019, di Kecamatan Enok terdapat 6.305 KK yang memiliki perkebunan Kelapa Dalam.

Sedangkan untuk perkebunan kelapa jenis Hibrida hanya terdapat 195 KK yang memiliki perkebunan kelapa jenis Hibrida.

"Artinya secara umum, terdapat ribuan lebih masyarakat di Kecamatan Enok yang perekonomiannya ditopang melalui hasil dari produksi perkebunan kelapa," imbuh Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Ardiansyah, SE.

Untuk diketahui, luas hamparan perkebunan kelapa jenis Kelapa Dalam di Kecamatan Enok berada pada nomor Tiga dari 20 kecamatan yang memiliki perkebunan kelapa paling luas di Kabupaten Inhil

Sedangkan untuk jenis Kelapa Hibrida, Kecamatan Enok berada pada nomor 10 dari 20 kecamatan yang memiliki hamparan perkebunan kelapa jenis Hibrida paling luas di Kabupaten Indragiri Hilir. (Adv/Galeri foto/Arbain)