Galeri Foto

Wisata Religi Makam Tuan Guru Syekh Abdurrahman Siddiq

KILASRIAU.com - Selain memiliki wisata alam yang sangat indah dan molek Kabupaten Inhil juga memiliki tempat Religi. Tempat religi ialah makam tuan guru Syekh Abdurrahman Siddiq yang terletak di sapat Kabupaten Inhil.

Selama ini, pengunjung/peziarah tuan guru Syekh Abdurrahman Siddiq selalu menggunakan transportasi laut yakni menggunakan Speedboat.

Yang mana, dari Tembilahan untuk menuju pelabuhan Hidayat menggunakan speedboat selama kurang lebih 1 jam atau menggunakan perahu pompong selama kurang lebih 2 jam.

, Syeikh Abdurrahman Shiddiq Bin Syekh M. Afif Al Banjari (1857-1939) atau lebih dikenal dengan sebutan “Tuan Guru Sapat” adalah salah seorang ulama kharismatik dari Kerajaan Indragiri di masa lalu (awal abad XX M).

Tuan Guru Sapat berasal dari daerah Banjar (Kalimantan) dan mempunyai hubungan genetis dengan ulama terkenal Banjar, Syeikh Muhammad Arsyad Al-Banjari (1710-1812).

Tuan Guru Sapat adalah seorang ulama yang menggabungkan beberapa kemampuan sekaligus, mulai dari seorang pendakwah, pengajar, mufti, penulis, sampai sebagai seorang petani kebun yang berhasil.

Abdurrahman dilahirkan oleh Safura binti Syekh Muhammad Arsad pada tahun 1875 di Kampung Kecil (Dalam Pagar) Martapura, Kalimantan Selatan.