Galeri Foto

Hardiknas ke- 111 Wabup Inhil Jadi Irup

KILASRIAU.com - Wakil Bupati (Wabup) Indragiri Hilir (Inhil), H Syamsuddin Uti menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) ke-111 dan Hari Otonomi Daerah (Otda) XXIII tahun 2019, di Lapangan Gajah Mada Tembilahan, Kamis 2 Mei 2019 lalu.

Turut hadir unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah, Asisten, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Aparatur Sipil Negara (ASN), Satpol PP, Guru/Tenaga Pendidik dan Siswa-Siswi SMA di Kabupaten Inhil.

Wabup membacakan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy serta Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo berharap, melalui momentum Hariknas ini, untuk semua pihak berkonsentrasi pada potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia, yang dilandasi karakter yang kuat, keterampilan dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif.

Selanjutnya, Wabup atas nama Pemerintah juga menyampaikan penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada para insan pendidikan dan kebudayaan di seluruh penjuru negeri, khususnya kepada ibu dan bapak pendidik dan tenaga kependidikan di semua jenjang, para pegiat paud, pegiat literasi, para tokoh agama, wartawan dan kontributor pendidik lainnya, yang tak lelah menyalakan mimpi, memberikan inspirasi, membuka jalan terang masa depan anak indonesia agar menjadi manusia cerdas berkarakter kuat dan memberikan manfaat bagi sekitarnya.

"Selamat Hari Pendidikan Nasional. Teruslah bersemangat dan tulus menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan Indonesia," ujarnya.

Terkait dengan peringatan Hari Otda, seluruh pihak diajak untuk mengawal otonomi daerah agar selalu diisi dengan kegiatan-kegiatan dalam peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, yang berorientasi pada pelayanan masyarakat guna mewujudkan kesejahteraan rakyat dan peningkatan sumber daya manusia melalui kegiatan yang kreatif dan inovatif.

Selain itu, mendorong munculnya kemandirian yang digerakkan oleh kreativitas dan inovasi daerah dalam mengoptimalkan berbagai potensi sumberdaya yang ada, baik sumberdaya manusia maupun sumberdaya alam yang secara signifikan akan mendukung dan memperkokoh pembangunan nasional dalam bingkai negara kesatuan republik indonesia.

Kemudian, tingkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan melalui keserasian hubungan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, keserasian hubungan pemerintah daerah dengan dprd dan masyarakat, sehingga tercipta tata kelola hubungan pemerintahan yang sinergis.

"Dengan semangat Hari Otonomi Daerah, diharapkan dapat merefleksikan kembali makna otonomi daerah dan menjadi spirit untuk melakukan yang terbaik bagi negeri ini," imbuhnya.