Galeri Foto

Anyaman Pandan Mawar Suci Pas Untuk Oleh-oleh

Kilasriau.com - Di kabupaten Inhil ada sebuah tempat kerajianan tangan Anyaman Pandan Mawar Suci yang beramat di Desa Pulau Palas, kecamatan Tembilahan Hulu, kabupaten Inhil-Riau.

Kerajinan tangan anyaman pandan mawar suci diketahui telah berdiri sekitar 30 tahun dan masih aktif hingga sekarang.

Jika kamu ingin mencari kerajinan tangan anyaman bisa langsung datang ke lokasi karena anyaman memiliki motif yang berbeda-beda.

Kemudian harga setiap motif itu bervariasi denga kisaran harga dari 15-350 ribu dan pemilik kerajinan tangan anyaman pandan mawar suci ialah buk Indokweroh. Yang sudah lama berkecimpung dalam pembuatan kerajianan tangan ini.

Pembuatan Kerajinan tangan anyaman pandan ini dibuat oleh sekelompok ibu-ibu atau disebut Kelompok mawar suci teridri dri 15 orang pengrajin. Dalam satu bulan bisa membuat 20 produk dengan berbagi bentuk dalam satu bulan, harganyapun berbeda-beda dengan bahan baku daun pandan.

Adapun cara pembuatannya yaitu dengan cara diraut, direbus dan dikeringkan bisa diberi pewarna sesuai kebutuhan pewarna khusus, yaitu dari kota bandung, bukan hanya tempat telur, tapi juga ada tudung saji, keranjang buah, tempat tisu. **