Aktivitas Petani Kelapa di Kecamatan Kateman Mulai Dari Kebun Hingga Penjualan

Foto: Proses penjualan kelapa bulat oleh petani kelapa di Desa Makmur Jaya dengan menggunakan Kapal laut.

Kilasriau.com, INDRAGIRI HILIR - Hal yang serupa umumnya dilakukan petani kelapa di Kabupaten Indragiri Hilir saat melakukan aktivitas panen buah kelapa mulai dari pemetikan buah hingga proses penjualan kelapa.

Seperti apa runutan aktivitas yang dilakukan petani kelapa di Desa Makmur Jaya, Kecamatan Kateman saat melakukan panen hingga proses penjualan ?.

Pertama hal yang dilakukannya saat memanen buah kelapa, mereka terlebih dahulu melakukan pengumpulan buah kelapa yang terjatuh dari pohon dengan sendirinya.

Setalah itu, proses pemetikan langsung buah kelapa tua dari pohonnya. Setelah proses itu selesai dilakukan, aktivitas yang selanjutnya mereka lakukan adalah proses penghayatan buah kelapa  melalui anak parit. Proses ini biasanya dilakukan ketika kondisi air sedang naik atau pasang.

Jika proses penghanyutan kelapa telah sampai pada titik yang telah ditentukan, selanjutnya kelapa yang terapung rapi di air akan kembali di angkat ke daratan untuk dilakukan tahap pengupasan sabut kelapa.

Pada tahapan pengupasan sabut kelapa, umumnya alat yang digunakan terbuat dari besi baja yang telah didesain kusus, hanya saja nama atau sebutannya yang berbeda.

Ada yang menyebut Sulak, ada juga Lewang, dan ada juga yang menyebutnya MataTaji untuk nama alat tradisional pengupas sabut kelapa.

Jika proses pengupasan sabut kelapa selesai dilakukan, selanjutnya buah kelapa tersebut akan di muat ke dalam kapal untuk dilakukan proses penjualan kepada penampung buah kelapa.

Umumnya petani kelapa di Kecamatan Kateman ini dalam transaksi penjualan kelapa hanya menggunakan transportasi air.

"Kalau untuk tahapannya pertama pemetikan buah, penghanyutan kelapa, terus pengupasan sabut kelapa, terakhir hal yang paling ditunggu penjualan kelapa bulat," tutur Muhammad Syafar saat di hubungi awak media, Jum'at (26/11/2021).

"Rata-rata kami disini menjual kelapa bulat. Sedangkan untuk di olah menjadi turunan kelapa ada sebagian petani yang melakukannya," katanya saat ditanyai mengenai pengolahan turunan kelapa. (Adv/Arbain)






Tulis Komentar