Intip Aktivitas Petani Kelapa di Kateman Saat Mengupas Sabut Kelapa

Foto: petani kelapa di Desa Makmur Jaya saat beristirahat setelah melakukan aktivitas pengupasan sabut kelapa.

Kilasriau.com, INDRAGIRI HILIR  - Sudah menjadi keseharian para petani kelapa di Kabupaten Indragiri Hilir dalam menjalankan menghabiskan waktu di perkebunan saat musim panen telah tiba.

Apa saja aktivitas petani kelapa di Kabupaten Inhil khususnya di Kecamatan Kateman, Desa Makmur Jaya.

Saat musim panen buah kelapa tiba, perkebunan kelapa yang biasa sunyi dan hanya terdengar suara dedaunan yang dihembus angin kala itu menjadi ramai seperti di sebuah pasar.

Ya, hal itu dikarenakan banyaknya pekerja kelapa yang beraktivitas mulai dari bagian mengait kelapa, pengumpul atau pelansir buah kelapa yang telah di petik dari pohonnya, dan menghanyutkan kelapa ke parit kecil hingga aktivitas pengupasan sabut kelapa.

"Jika hasil panen buah kelapa banyak, agar pekerjaan cepat diselesaikan maka mulai dari panen hingga pengupasan sabut kelapa perlu tenaga banyak orang. Saat panen itu memang aktivitas di kebun kelapa ramai seperti pasar," tutur dadi saat dihubungi, Senin (22/11/2021).

Selain itu, saat ditanyai mengenai pemanfaatan sabut kelapa Dadi mengatakan untuk saat ini sabut kelapa hasil penen yang menjadi limbah tersebut hanya di manfaatkan sebagai timbunan saja, dan sebagainya lagi dimanfaatkan sebagai bahan  bakar jika kelapa di buat kopra hitam atau salai.

"Untuk pengolahan sabut di desa kami ini belum ada, jadi hanya di manfaatkan untuk timbunan dan pembakaran jika buat kopra," tutupnya. (Adv/Arbain)






Tulis Komentar