Tingkat Perekonomian Petani, Disbun Inhil Terus Melakukan Pembinaan

Kilasriau.com, INDRAGIRI HILIR  - Karena dikenal dengan julukan Hamparan Kelapa Dunia, maka tidak heran jika pemanfaatan Kelapa di Kabupaten Inhil sangat membantu perekonomian masyarakat petani. 

Salah satu pemanfaatan buat Kelapa ialah air nya yang diolah menjadi bahan virgin coconut oil (VCO). Dimana VCO ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia serta mampu meningkatkan perekonomian masyarakat petani. 

Maka dari itu terkait pemanfaatan buah kelapa dengan pembuatan VCO memberikan dampak yang baik. Dan pemerintah kabupaten Inhil melalui Dinas Perkebunan melakukan pembinaan kepada petani yang ada di Inhil. 

Ini pernah di ungkapkan langsung Kadisbun Inhil Sirajuddin melalui Kasi Pengolahan Erwan saat ini telah melakukan pembinaan kepada Kelompok tani terpadu untuk melakukan pengolahan VCO.

Salah satunya yang ada di kelurahan Sapat yang sudah melakukan pembuatan VCO sampai saat ini dan masih tetap eksis melakukan produksi walaupun harga atau permintaan nya terkadang naik dan kadang kadang turun apalagi dengan kondisi seperti ini masih dalam suasana pandemi. 

"Pengolahan VCO ini sudah dilakukan sejak 2015 hingga sekarang. Karena VCO ini sangat banyak manfaatnya apalagi untuk kesehatan tubuh serta meningkatkan perekonomian petani," ujarnya. 

Lanjut Erwan, meskipun demikian pengusaha VCO binaan Disbun ini sudah melakukan pemasaran lokal hingga keluar daerah seperti ke Pekanbaru, di sana ada Insan Mitra Insani sebagai penyalurnya bahkan ke Jakarta, Bandung, Batam terakhir dikirim ke Pontianak Kalimantan.  

"Maka dari itu saat ini nyiur terpadu tetap membuat VCO skala banyak. Untuk Dinas Perkebunan akan terus berusaha agar apa yang diinginkan pelaku usaha petani khususnya binaan mendapat izin dari BPOM dan lebel Halal. Karena buah kelapa ini tidak diolah sebagai VCO saja tapi juga membuat minyak goreng murni dari kelapa putih," jelasnya. 

Untuk itu pemerintah sangat mendukung serta mensupport pemanfaatan ini. Dan bentuk dukungan nya ini orang nomor satu di Kabupaten Inhil pernah berkunjung ke salah satu rumah produksi minyak kelapa murni atau Virgin Coconut Oil (VCO) di Kotabaru Kecamatan Keritang.

Kunjungan ini merupakan bentuk dukungan penuh pemerintah daerah terhadap industri ekonomi kreatif, khususnya yang berusaha mengolah sumber daya alam menjadi suatu komoditas yang bernilai ekonomi tinggi. (ADV/Nadi) 






Tulis Komentar