Gasebu Lakukan Kunjungan Kemarkas PMI Kabupaten Inhil

KILASRIAU.com  - Dalam rangka membangun komunikasi dan sinergisitas Komunitas  Gerakan Sosial Sepuluh Ribu (GASEBU) melakukan kunjungan silaturahmi ke Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Indragiri Hilir Jalan Veteran Tembilahan, Rabu (15/09/21).

Kunjungan Gasebu dihadiri Ketua Gasebu H Jalaluddin Husain didampingi Pembina Gasebu H. Iswandi dan Inisiator Gasebu Nahrawi dan rombongan Gasebu diterima langsing Pengurus PMI Kabupaten Indragiri Hilir yang diwakili H. Fahrurrozi wakil ketua bidang bencana dan Subowo Radianto Kepala Markas PMI bertempat di ruang rapat PMI Kabupaten Indragiri Hilir.

Ketua Gasebu H Jalaluddin Husain mengatakan kunjungan ini memang sudah di rencanakan pascas pelaksanaan Donor darah yang ditaja Gasebu bersempena HUT PMI Ke 76 di Pulau Kijang.

"Kesempatan ini kita menyampaikan sejarah pertama kali dilaksanakannya donor darah dipulau Kijang yang saya dan dokter Iswandi prakarsai. Jadi dokter Iswandi lah sesungguhnya yang pertama kali menggerakkan pelaksanaan donor darah di Pulau Kijang hingga sampai ketahap 16. Jadi kita memaparkan berbagai strategi dalam pelaksanaannya yang awalnya hanya mendapatkan 30 kantong darah sampailah akhirnya pernah mencapai 120 kantong. Tapi rata rata setiap kali pelaksanaan sebanyak 80 kantong. Tentunya ini tidak terlepas dari proses panjang perjalanan donor darah di Pulau Kijang. Dan kita juga melakukan penguatan komitmen bersama PMI dalam kunjungan ini terkait dukungan peralatan pendukung dan juga prioritas bantuan darah bagi warga Pulau Kijang yang membutuhkan darah," jelasnya.

Kemudian Pembina Gasebu H. Iswandi memberikan apresiasi karena Gasebu dapat melaksanakan kegiatan donor darah secara konsisten bersama PMI dan kemarin adalah yang ke 4 kalinya dikelola Gasebu.

"Kegiatan ini tentunya sangat memberikan daya tarik kita untuk memberikan candra mata dan piagam bagi pendonor  yang sudah lebih dari 10 kali. Semoga kegiatan ini tentunya dapat terus dilaksanakan dalam membantu masyarakat dan juga memberikan dampak kesehatan bagi peserta donor. Dan untuk memudahkan kegiatan ini kedepan kita juga berharap PMI dapat memberikan suport berupa pengadaan tenda PMI. Dan yang terpenting untuk kegiatan donor darah ini disetiap tempat harus ada penggeraknya dan terus kontunyu melakukan edukasi kepada masyarakat terkait donor darah dengan segala kemanfaatannnya untuk kesehatan," paparnya.

Sementara itu inisiator Gasebu Nahrawi juga mengapresiasi langkah langkah komunikasi yang dilakukan Gasebu dengan berbagai mitra kegiatan yang ada termasuk PMI. Masukan konstruktif dan apresiasi yang diberikan pengurus PMI Kabupaten kepada Pulau Kijang sebagai pelaksanaan donor darah paling aktif di Kabupaten Indragiri Hilir tentunya patut menjadi motivasi bagi kawan kawan PMI Kecamatan, Gasebu, Emak Emak Gasebu dan seluruh stake holder yang ada sehingga kedepan kegiatan ini dapat terus dilaksanakan.

"Dengan komunikasi yang baik ini akan terus terjalin dalam membatu sesama yang membutuhkan bantuan khususnya darah. Di tambah lagi dengan bersempena menyambut HUT Gasebu yang pertama ini juga sudah diwacanakan untuk kegiatan bersama," terangnya.

Kepala Markas PMI Kabupaten Indragiri Hilir yang memandu jalannya silaturahmi mengucapkan selamat datang kepada Gasebu di Markas PMI semoga kunjungan ini semakin mempererat silaturahmi untuk terus melaksanakan kegiatan donor darah khususnya di Pulau Kijang.

Sementara itu Fahrurrozi mewakili Ketua PMI Kabupaten Ibu Hj. Zulaikha Wardan sangat mengapresiasi kegiatan PMI Kecamatan Reteh khususnya Gasebu selama ini terutama untuk kegiatan donor darah. Bahkan untuk saat ini Pulau Kijang merupakan pelaksana kegiatan donor darah paling aktif yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir dengan rata rata menyumbang 80 kantong darah dalam setiap kegiatan.

"Jadi hari ini kita juga meminta gasebu  sherring strategi dan informasi kepada kita agar nantinya dapat menjadi bahan  dalam rapat yang akan kita laksanakan sebagai tindaklanjut dari pertemuan ini agar dapat diikuti oleh kecamatan lain. Dan bersempena HUT Gasebu yang pertama ini syaa Allah kita akan suport untuk kegiatan dalam bentuk donor darah dan juga akan kita bicarakan dalam rapat pengurus PMI Kabupaten Indragiri Hilir," imbuhnya.

ANDA DIA dan SAYA adalah KITA dalam SEMANGAT KEBERSAMAAN






Tulis Komentar