Mahasiswa Kukerta Unri Sosialisasi Cara Pembuatan Handsoap dan Handsanitizer Serta Aquaponik

KILASRIAU.com  - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Universitas Riau 2021 mensosialiasikan cara pembuatan handsoap dan handsanitizer serta aquaponik sebagai salah satu ladang bisnis di masa pandemi yang tengah melanda negeri ini.

Kegiatan ini dilakukan sebagai pengabdian kepada masyarakat RW 003 di Kelurahan Sidomulyo Timur Kecamatan Marpoyan Damai.

Program kerja yang dilakukan mahasiswa kukerta ini salah satunya adalah pembuatan handsanitizer dan handsoap serta aquaponik.

"Kita tahu saat ini handsoap dan handsanitizer sangatlah berguna untuk mencegah tertularnya virus Covid-19 yang kini sedang melanda begitu pula dengan handsoap ataupun sabun pencuci tangan yang mana disaat kita telah melakukan berbagai kegiatan kita diharuskan untuk mencuci tangan kita yang besar kemungkinannya sudah terkena berbagai macam bakteri dan virus diluar rumah oleh sebab itu anggota Kukerta Unri  memilih untuk membuat handsoap dan handsanitizer lalu mengedukasikan kepada masyrakat RW 003 di Kelurahan Sidomulyo Timur," jelas salah seorang tim Kukerta Unri Brastian Natan Purba, Jum'at (10/09/21).

Selain untuk memenuhi penilaian Satuan Kredit Semester (SKS) dengan Dosen pembimbing lapangan (DPL) Naila Fauza tentunya program kerja yang dibuat oleh anggota KUKERTA ini sangat memperhatikan manfaat dari program kerja yang diedukasikan kepada masyarakat dalam kata lain agar mampu meningkatkan peluang bisnis maupun mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif salah satunya adalah dengan mensosialisasikan bagaimana cara pembuatan aquaponik.

"Saat ini memang gencar dan ramai diperbincangkan bahwa aquaponik merupakan salah satu sistem pertanian atau bercocok tanam yang bersifat berkelanjutan. Selain menghemat lahan tanaman aquaponik tersebut menghasilkan kualitas yang lebih baik dan lebih sehat untuk dikonsumsi. Peralatan yang diperlukan untuk pembuatan aquaponik ini cukup dengan memanfaatkan barang seadanya seperti ember bekas dan gelas aqua kemasan bekas yang mana hal ini juga merupakan salah satu perwujudan urban farming," tuturnya.

Selain itu Brastian Natan Purba menyampaikan partisipasi warga RW 003 sangat baik dan sangat antusias terhadap apa yang disosialisasikan oleh mahasiswa KUKERTA UNRI tersebut dan sangat berterima kasih kepada mahasiswa KUKERTA tersebut sebab sudah memberikan ilmu yang bermanfaat untuk warga RW 003 terutama ibu-ibu yang sehari-harinya berkegiatan dirumah saja.

"Jadi,tujuan utama program kerja yang dilakukan mahasiswa KUKERTA UNRI ini adalah agar terisinya waktu luang RW 003 dimasa pandemi ini dengan kegiatan yang positif selain itu handsoap dan handsanitizer yang mampu mencegah penularan Covid-19 ini juga bisa dijadikan sebagai ladang usaha bagi warga RW 003 untuk penghasilan tambahan dimasa pandemi saat ini," ucapnya.






Tulis Komentar