Silaturrahmi Bersama Forkopincam, Kapolsek Singingi Himbau Masyarakat Agar Tidak Bermain PETI

Kuantan Singingi, KilasRiau.com
Dalam rangka silaturrahmi, Kapolsek Singingi Iptu Koko Ferdinand Sinuraya SH MH bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopincam) Singingi di Aula Kantor Camat Singingi Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau pada Senin (24/05/2021).

Camat Singingi Deflides Gusni SP MSi dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Kapolsek Singingi beserta jajaran yang telah hadir di Aula Kantor Camat Singingi dalam rangka bersilaturahmi dan sosialisasi terkait penanganan Covid-19 serta Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di wilayah Kecamatan Singingi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekcam Singingi Desi Marsih SE MSi, Ketua Forum Kades Herawan, para Kades dan Lurah, Ketua BPD, Kepala UPTD Kesehatan Puskesmas se-Kecamatan Singingi, Kanit beserta Jajaran, serta anggota Koramil 09/ Singingi.

Dalam kesempatan itu, Camat Singingi juga memperkenalkan seluruh pegawai dan staf kantor Camat Singingi, para Kepala UPTD dan Kepala Desa se Kecamatan Singingi.

Masih dalam kegiatan yang sama, dengan bertambahnya kasus Covid-19 di Kecamatan Singingi, kata Camat Deflides Gusni, mari kita himbau kepada masyarakat tetap patuhi Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.

"Saya berharap agar dapat dijalankan Posko PPKM Skala mikro di setiap desa dan kelurahan guna menangani kasus Covid 19 yang terdiri dari pihak desa, pukesmas, bhabinkamtibmas dan babinsa," pinta Camat.

Untuk pihak Kepala UPTD Kesehatan Puskesmas yang ada di Kecamatan Singingi, sambung Camat, wajib mengupdate panambahan kasus positif di group Covid-19 Kecamatan Singingi agar para Kepala Desa bisa memantau masing-masing warga nya yang terkonfirmasi positif bersama-sama pihak terkait yang ada di Posko PPKM skala mikro yang ada di desa nya masing-masing.

"Laksanakan traccing dan swab kepada masyarakat yang kontak erat dengan pasien guna menekan penyebaran Covid 19," pinta Camat.

Kepada masyarakat, Camat Singingi menghimbau bagi yang melaksanakan isolasi mandiri agar tetap dirumah dan jangan berkeliaran keluar rumah sampai masa isolasi mandirinya di nyatakan selesai oleh pihak UPTD Kesehatan Puskesmas setempat.

"Bagi yang sedang isolasi, mohon untuk tetap berada didalam rumahnya atau tempat isolasinya, jangan berkeliaran dulu sebelum hasil nya negatif," tegas Camat Singingi Deflides Gusni.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolsek Singingi Iptu Koko Ferdinand Sinuraya SH MH dalam arahannya mengawali dengan memperkenalkan diri kepada seluruh Forkopincam yang hadir, dirinya sebagai Kapolsek Singingi yang baru menggantikan pejabat yang lama AKP Asdisyah Mursyid SH.

Dalam kesempatan itu, Kapolsek Singingi juga mengingatkan bahwa kegiatan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) sangat berdampak merusak lingkungan.

"Mari sama sama kita jaga Kecamatan Singingi ini dan sama sama kita ingatkan masyarakat agar tidak bermain PETI," ajak Kapolsek.

Dengan adanya penambahan kasus positif Covid-19 di Kecamatan Singingi, Kapolsek mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama melawan Covid-19. "Mari kita sama sama bekerja sama dalam melakukan penanganan dengan semangat," kata Iptu Koko.

"Mari kita ciptakan kerja sama dalam penanganan Covid 19 dari pihak kecamatan, UPTD Kesehatan, TNI dan Polri guna memperkecil ruang penyebaran nya," tambah Iptu Koko.

Terhadap seluruh instansi terkait, pinta Kapolsek Singingi, agar dilibatkan dalam kegiatan Pos PPKM dan memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat. 

"Laksanakan giat Pos PPKM dengan melibatkan instasi terkait yang terlibat serta mari kita sama sama menghimbau kepada masyarakat agar tetap menggunakan masker saat bepergian dan sering lakukan cuci tangan dengan sabun," pinta Iptu Koko.

Kapolsek juga minta agar segera dilakukan realisasi pemberian obat kepada masyarakat yang terpapar Covid-19.

"Untuk pemberian obat kepada masyarakat yang terkena Covid, mari kita bersama sama menyalurkannya kepada yang bersangkutan dan di dokumentasikan agar semuanya riil dan tepat sasaran," tegas Kapolsek Singingi.

Sementara itu Danramil 09/ Singingi Kapten Inf lpBambang Kosasih Tarigan mengawali sambutannya dengan ucapan selamat datang dan bergabung kepada Kapolsek Singingi yang baru di Kecamatan Singingi.

Kapten Inf Bambang Kosasih Tarigan minta kepada Kepala UPTD Kesehatan Puskesmas agar tidak sungkan untuk minta bantuan didampingi Babinsa dan bhabinkamtibmas dalam penanganan Covid-19 kepada masyarakat yang tetap membandel. "Mari kita bekerja sama dalam penanganan Covid 19 mulai dari bawah yakni dari tingkat RT dan RW yang termasuk dalam zona merah," kata Danramil 09/ Singingi.

Kapten Bambang juga berharap agar para Kepala Puskesmas tidak segan-segan melaporkan kepada Danranmil dan Kapolsek jika ada babinsa dan bhabinkamtibmas yang tidak datang ke desa dan hanya meminta data/laporan masalah Covid-19 melalui via telpon atau Hp. "Jangan segan segan, laporkan saja langsung, ke Danramil dan juga Kapolsek, agar bisa di tindak," tegasnya.

Sementara untuk masalah PETI di Kecamatan Singingi, kata Bambang sudah lama dan untuk kegiatan penertiban sudah sering dilaksanakan oleh pihak Polsek Singingi. "Saat ini sudah ada dua desa yang memiliki koperasi dibidang pertambangan peti di desa logas dan desa logas hilir yg mana ijin nya masih dalam proses," terangnya.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 10.00 WIB dan selesai sekira pukul 12.30 WIB tersebut berlangsung dengan situasi terdapat dalam keadaan aman dan terkendali.**






Tulis Komentar