Sekarung Koin Kuno Ditemukan di Jombang

KILASRIAU.com - Warga membersihan ribuan koin kuno yang ditemukan saat mengali pondasi rumah di Jombang. (metrotv) Jombang: Ribuan koin kuno ditemukan warga Dusun Betek Selatan, Desa Betek, Kecamatan Mojoagung, Jombang, Jawa Timur. Diduga, kumpulan koin kuno tersebut merupakan uang tahun 900-an. 

Koordinator Juru Pelihara Cagar Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang, Dafid Widodo, mengatakan benda-benda kuno tersebut diperkirakan peninggalan abad 13 masehi. 

"Selain koin kuno, di lokasi sama juga ditemukan beberapa tembikar yang menyerupai peninggalan era Kerajaan Majapahit," kata Dafid, dilansir dari Clicks.id, Jumat, 21 Mei 2021. 

  Koin-koin kuno yang ditaksir mencapai setengah karung ini ditemukan dalam keadaan tertimbun tanah sedalam 20 centimeter (cm). Saat itu, warga sedang menggali fondasi rumah pada Kamis, 20 Mei 2021. 

Seluruh koin memiliki lubang kotak di bagian tengah. Saat dibersihkan, koin kuno ini memiliki warna hijau. Ada tulisan aksara Cina kuno dan tulisan tahun 900 pada benda tersebut. 

  Saat ini, temuan benda kuno tersebut langsung dibawa ke Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.






Tulis Komentar