Program Studi PPKn FKIP Universitas Riau Sukses Laksanakan Olimpiade PPKn ke- 10 Tingkat Nasional

KILASRIAU.com - Himpunan Mahasiswa Program Studi PPKn FKIP Universitas Riau Sukses menggelar Olimpiade PPKn ke- 10 yang dilaksanakan pada tanggal 26 sampai 31 Maret 2021 secara online.

Olimpiade PPKn ke 10 Universitas Riau kali ini mengusung Tema "Bersama Olimpiade PPKn, wujudkan generasi terpelajar, Kompetitif, Berkarakter Pancasila di Era New Normal".

Pelaksanaa Olimpiade PPKn ke- 10 ini sedikit berbeda dari Olimpiade PPKn yang sebelumnya. Karena Olimpiade PPKn kali ini dilakukan dengan sistem online disebabkan saat sekarang masih dalam suasana pandemi covid 19.

Olimpiade PPKn ke 10 Universitas Riau melaksanakan berbagai perlombaan tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas untuk siswa/siswi di Provinsi Riau. Yang lebih spesialnya lagi dalam pelaksanaan Olimpiade PPKn 10 Universitas Riau ini akan mengadakan Lomba tingkat Nasional, yaitu Lomba Debat Mahasiswa Nasional dan Lomba Esai Nasional.

Cabang Perlombaan yang diperlombakan di Acara Olimpiade PPKn 10 Universitas Riau, dibagi dalam beberapa jenjang. 

1). Tingkat Sekolah Dasar, ada perlombaan (Pidato Kebangsaan se-Nasional),

2). Tingkat Sekolah Menengah Pertama, ada perlombaan (Pidato Kebangsaan se-Nasional dan Karikatur se-Sumatera),

3). Tingkat Sekolah Menengah Atas, ada perlombaan (Pidato Kebangsaan se-Nasional, Karikatur se-Sumatera, dan Puisi se-Sumatera)
Untuk tingkat Mahasiswa, ada perlombaan ( Esai se-Nasional, Debat se-Nasional, dan Puisi se-Nasional), dan

4). Tingkat umum ada perlombaan (Guru Mengajar se-Sumatera, Podcast se-Nasional, Video Pendek se-Sumatera, dan Desain Poster se-Nasional).

Siti Fatimah selaku Co HID Olimpiade PPKn 10 Universitas Riau saat dikonfirmasi KILASRIAU.com mengatakan pelaksanaan kegiatan Olimpiade PPKn 10 Universitas Riau kemarin Alhamdulillah berjalan dengan lancar. dan tidak lupa mematuhi prokoler kesehatan.

"Kami dari panitia menyelenggarakannya secara online. Dan diikuti kurang lebih 300 peserta dari tingkat SD, SMP, SMA dan Mahasiswa." terangnya.

Diakhiri pembicaraan Siti mengucapkan selamat dan sukses bagi para pemenang lomba dan untuk para peserta yang belum meraih kesempatan di Olimpiade PPKn ini agar dapat belajar lagi.

"Teruslah belajar dan meraih cita cita jangan pantang menyerah serta tidak merasa puas tentang apa yang telah diraih," ucapnya.

Selanjutnya, salah pemenang Yetti Niza Mulyati saat dikonfirmasi melalui orang tuanya Haiman Arza menyebutkan, anaknya tidak menyangka bahwa bisa menjuarai lomba tersebut.

"Ini lomba perdana yang diikutinya lomba di tingkat provinsi, sebelumnya memang pernah menjuarai namun itu ditingkat sekolah," ucapnya.

"Dan hasilnya alhamdulilah di luar dugaan, betul-betul tak menyangka bahwa dia bisa juara 1 ditingkat nasional," tambahnya.

Haiman menyebutkan bahwa saat anaknya mengetahui hasil dari pengumuman juara lomba baca puisi tersebut merasa terharu karena tidak menyangka dirinya bisa menjuarai lomba tersebut.

Terakhir Haiman berharap semoga dengan adanya prestasi ini, yang mengharumkan nama daerah khususnya kabupaten Indragiri Hilir di tingkat nasional, ada apresiasi dari pemerintah daerah khususnya dinas terkait.

"Alhamdulilah kita bersyukur, saya sebagai orang tua tentunya sangat bangga dan sangat mendukung bagaimana langkah untuk kedepan, saya berharap semoga presentasi ini bisa menjadi pendorong semangat anak-anak kita di Indragiri Hilir untuk mengukir prestasi,"tutupnya.

Dari perlombaan Olimpiade PPKn ke 10 Universitas Riau cabang Puisi SMA/SMK/Sederajat yang meraih juara ialah Juara 1 Yetti  Niza Mulyati (MAN 1 INDRAGIRI HILIR), Juara 2 Yuda Hanafi Lubis (MAN 2 LANGKAT SUMATRA UTARA), Juara 3 Karinda Dwi Talia (MAN 1 INDRAGIRI HILIR), Harapan 1 Ade Fitri Ramadani (SMA NEGERI 1 PENYAMBUNGAN), dan Harapan 2 Nadiya Putri Kurniawan (SMAN 01 SINGKEP). (Sr)






Tulis Komentar