Tak Banyak, Kembang Api Tetap Hiasi Malam Tahun Baru 2021 di Papua-Ambon

KILASRIAU.com - Detik-detik pergantian tahun baru 2021 di Jayapura, Papua, dihiasi dengan kembang api. Sejak sore warga telah membunyikan kembang api hingga pukul 24.00 WIT.

Kembang api dinyalakan di komplek masing-masing hampir di seluruh wilayah kota Jayapura. Langit Jayapura dihiasi warna-warni kembang api.

Sebelumnya Polresta Jayapura telah mengeluarkan pengumunan pada beberapa wilayah yang biasa dijadikan tempat keramaian ditutup selama malam pergantian tahun 2021. Sebanyak 750 personel gabungan disiapkan guna pengamanan malam perayaan pergantian tahun di Kota Jayapura.

"Sebanyak 750 personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, serta instansi lainnya baik Satpol PP, Dinas Perhubungan serta mitra Kamtibmas akan diploting di daerah (kawasan) yang sering dijadikan tempat kumpul warga saat pergantian tahun," ujar Kapolresta Jayapura Kota Kombes Gustav R Urbinas di Jayapura, Kamis (31/12/2020).

Menurut Gustav, ada beberapa akses yang ditempatkan personel agar tidak ada masyarakat yang berkumpul dan mengganggu arus lalu lintas.

"Selain melakukan penjagaan di kawasan yang sering dijadikan titik kumpul masyarakat, kami pun akan melakukan penyekatan di batas Kota Jayapura agar tidak ada mobilisasi warga dari kabupaten lain yang merayakan malam tahun baru di Kota Jayapura," katanya.

"Kami akan melakukan pemeriksaan di batas kota baik dari Keerom maupun Kabupaten Jayapura saat malam hari, supaya tidak ada euforia malam tahun baru yang berlebihan seperti yang telah disampaikan," tambahnya.

Sementara terkait pengamanan ibadah kunci tahun, kata Gustav, ada 287 personel yang disiagakan untuk melakukan pengamanan di 48 gereja di wilayah Kota Jayapura.

Bagaimana situasi di Ambon? Silakan baca halaman selanjutnya.

Tahun Baru 2021 di Ambon

Perayaan malam pergantian tahun 2021 di Kota Ambon sangat berbeda dengan tabun-tahun sebelumnya. Pada tahun lalu warga banyak menyalakan kembang api dan memadati dua lokasi yakni Gong Perdamaian Dunia dan Jembatan Merah Putih.

Pantauan di lapangan di kawasan Jalan AY Patty Ambon suasana malam pergantian tahun tak seramai pesta kembang api dari Lapangan Merdeka Ambon dan Balai Kota Ambon. Hanya warga yang bermukim di kawasan Jalan AY Patty Ambon membunyikan petasan saat waktu menunjukkan 00.00 WIT.

Salah satu warga, Amel, mengatakan tahun ini tidak seperti tahun lalu banyak kembang api di langit Kota Ambon. Kondisi di jalan pun tak ramai.

"Tahun lalu ramai dengan kembang api, ini kembang api tidak terlalu banyak dan orang-orang juga tidak terlalu banyak jadi kita nikmati saja," kata Amel






Tulis Komentar