Gasebu Peringati Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW, Sekaligus Memberikan Santunan Anak Yatim Serta Dinasi Al - Qur'an

KILASRIAU.com - Gerakan Sosial Sepuluh Ribu (GASEBU) bersama Komunitas Emma Emma Gasebu hari ini melaksanakan kegiatan Peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad Saw 1442 H / 2021 M bertempat di Sekretariat Gasebu Jalan SMP Pulau Kijang Kecamatan Reteh, Ahad (14/03).

Ketua Gasebu H Jalaluddin Husain mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin dari Komunitas Emma Emma Gasebu untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mengenang perjalanan baginda Nabi Muhammad SAW.

"Selain memperingati Isra' Mi'raj Nabi Muhammad Saw 1442 H / 2021 M kita juga memberikan santunan untuk 30 anak yatim yang ada dilingkungan sekretariat Gasebu serta penyaluran donasi Al - Qur'an bersempena gerakan wakaf 1000 Alqur'an yang dilaksanakan oleh Gasebu kepada 16 anggota Komunitas," terangnya.

Kemudian, Kepala KUA Kecamatan Reteh HM. Suyuti Amhar yang juga pembina Gasebu sangat mengapresiasi kegiatan yang telah dilakukan Gasebu dengan melakukan kegiatan yang positif.

"Saya sangat mengharapkan dukungan dan supord dari para donatur karena tanpa dukungan kita semua siapa lagi yang akan membantu kegiatan gasebu ini dan ini juga akan menjadi amal jariah bagi kita semuanya," ucapnya.

Hal yang sama juga di sampaikan Camat Reteh Arbani dalam pengarahannya mengatakan atas nama pemerintah kecamatan Reteh sangat berterima kasih karena Gasebu ini merupakan aset bagi masyarakat kecamatan Reteh khususnya dan Kabupaten Indragiri Hilir dengan semua program yang telah dilakukan.

"Apa yang telah diberikan Gasebu saat ini sudah sangat viral di dunia maya. Dan hari ini adalah kegiatan Operasi Mata Katarak yang sangat sangat dirasakan masyarakat, sampai sampai beberapa camat mengapresiasi kegiatan ini. Kita akan dukung kegiatan yang dilaksanakan gasebu meskipun dalam berbagai kegiatan terkadang saya tidak bisa hadir karena berbenturan dengan kegiatan lain di kabupaten," sebutnya

Selanjutnya Inisiatir Gasebu Nahrawi dalam sambutannya menyampaikan kegiatan yang sudah dilakukan Gasebu tentunya berkat dukungan dari semua pihak baik dari masyarakat, pemerintah dan lainnya.

"Alhamdulillah hari ini kita bisa hadir disini dalam rangka memperingati Isra' Mi'raj Nabi Muhammad Saw yang merupakan bagian dari kegiatan rutin dari Gasebu dalam berbagai kegiatan Hari Besar Islam dimana kegiatan hari ini juga dirangkai dengan Pemberian santunan kepada 30 anak yatim dan juga penyaluran donasi Alqur'an kepada 16 Pengurus Komunitas Emma Emma Gasebu," kata Nahrawi.

Selain itu juga Nahrawi menjelaskan kegiatan rutin penyaluran pakaian layak pakai tetap dilaksanakan untuk itu kepada ibu ibu yang barang kali dirumah ada pakaian yang tidak lagi dipakai bertumpuk dilemari dan koper mungkin akan lebih berkah dan bermanfaat jika kita berikan kepada yang membutuhkan.

Dan pengurus juga sangat mengharapkan sumbangan dari kita semua dalam rangka menjalankan program sosial kemanusia yang sudah dilaksanakan seperti membantu kaum dhuafa yang sakit dan juga yang meninggal. Tidak perlu banyak cukup 10.000 perbulan itu akan sangat berarti bagi saudara saudara yang membutuhkan.

"Beberapa agenda kedepan yang akan kita laksanakan yaitu pada hari Selasa 16 Maret 2021 gasebu melaksanakan kegiatan donor darah, kemudian hari Rabu 17 Maret 2020 pengurus gasebu kembali memberangkatkan sebanyak 20 pasien untuk menjalani operasi katarak di Pekanbaru bekerja sama dengan Komunitas Pecinta Sedekah (KPS) Pekanbaru untuk pemberangkatan yang ke 8 kalinya dengan total peserta yang sudah diberangkatkan sebanyak 120 orang dimana semua biaya transportasi dan akomodasi peserta ditanggung oleh penyelenggara," jelasnya.

Lebih lanjut Nahrawi menyampaikan bahwa kasus katarak ini cukup banyak di Inhil. In syaa Allah Gasebu kembali akan melaksanakan kegiatan pemeriksaan mata katarak gratis Gelombang ke 3  yang direncanakan di 2 titik yakni di Kecamatan GAS tanggal 7 April 2021 dan di Kecamatan Kempas tanggal 8 April 2021. Komunikasi dengan pihak kecamatan dan penggiat sosial yang ada sedang dimatangkan pengurus gasebu.

"Saya ingin memberikan apresiasi kepada segenap pengurus Gasebu dan Komunitas Emma Emma Gasebu  yang begitu konsisten dalam menjalankan berbagai kegiatan yang telah direncanakan. Mari rawat terus kebersamaan dan kepercayaan ini ditengah dinamika yang ada. Yakinlah jika kebaikan yang kita hajatkan dan niat ikhlas maka kebaikan itu pulalah yang kita akan dapatkan. Jangan jadikan kritikan sebagai lawan tapi jadikan kritikan sebagai teman berfikir untuk kedepan yang lebih baik." ucapnya.

"Terima kasih kepada Komunitas Riau Mengaji yang telah memberikan kepercayaan kepada gasebu untuk menyalurkan Alqur'an meskipun kebutuhan dilapangan masih sangat jauh dari yang diharapkan, demikian juga Komunitas Pecinta Sedekah Pekanbaru yang telah berkenan untuk mengandeng gasebu dalam kegiatan Pemeriksaan dan operasi mata katarak dikabuoaten Indragiri Hilir. Kepada para donatur semoga dimurahkan reskinya oleh Allah Swt dan menjadikan semua ini bernilai ibadah disisi-Nya," tambahnya.

Hadir dalam dalam kegiatan diantaranya Camat Reteh Bapak Arbani, Kepala KUA Kecamatan Reteh HM. Suyuti Amhar, HM. Suhaimi Noer Imam Masjid Besar Jami', Ketua Tim Penggerak PKK Kec. Reteh, Ketua BKMT Kec. Reteh dan Ketua Muslimat NU Kec. Reteh serta Penceramah Ustd Ali Murtopo. (SR)






Tulis Komentar