Tingkatkan Iman dan Takwa, LAM R Laksanakan Peringatan Isra Mi'raj Tahun 1442H/2021 Masehi

KILASRIAU.com - Lembaga Adat Melayu Riau (LAM R) Kecamatan Kateman ikut merayakan peringatan Isra Mi'raj tahun 1442H/2021Masehi dengan tetap patuhi protokol kesehatan

Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, Lembaga Adat Melayu Riau (LAM R) tetap menggelar peringatan tersebut pada Sabtu 06/03/2021 malam di mesjid besar Al Fallah Sungai Guntung Kecamatan Kateman dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu dengan membatasi peserta, menjaga jarak, dan menggunakan masker.

Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu peringatan hari besar Islam yang biasa rutin dirayakan setiap tahunnya.

Yang mana Isra Mi'raj adalah salah satu peristiwa penting dalam sejarah Islam yang mengisahkan perjalanan fisik dan spiritual Nabi Muhammad SAW.

Isra adalah perjalanan nabi dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsa di Yerusalem Palestina dengan mengendarai seekor hewan (Buraq) dan Mi'raj adalah perjalanan nabi dari Masjidil Aqsa ke Sidratul Muntaha (Surga) untuk menerima perintah sholat lima waktu dari Allah SWT.

Ketua LAM R kec Kateman Abdul Majeed dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai umat yang beragama agar terus menjalankan apa yang sudah diperintahkan Allah SWT dan berusaha menjauhi segala larangan-Nya. Melalui momen peringatan Isra Mi'raj ini.

"Maka dari itu di momentum yang berbahagia ini kita bisa di jadikan intropeksi diri serta mengimplementasikan konsep religi dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Selain itu juga Abdul berharap kedepannya dapat meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Sang pencipta alam semesta ini (Allah).

Sementara itu, Ustadz Dr.H Saidul Amin, MA dalam tausiyahnya menyampaikan bahwa jelas dalam peristiwa Isra Mi'raj tersebut nabi Muhammad SAW memperoleh perintah secara langsung dari Allah SWT untuk melaksanakan sholat lima waktu.

"Saya berpesan khususnya untuk kita semua agar selalu melaksanakan perintah Allah SWT terutama sholat. Karena dengan melaksanakan sholat insyaallah dapat melatih kita untuk sabar, jujur, disiplin dalam kehidupan sehari-hari serta sholat juga dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar," tuturnya.

peringatan Isra Miraj tahun ini dapat memberikan nilai tambah bagi seluruh masyarakat  khususnya dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah.

“Sebagai langkah i'tibar dalam mengambil hikmah serta contoh-contoh yang terkandung dalam peristiwa tersebut, salah satunya adalah dengan persatuan dan kebersamaan kita selaku hamba Allah yang beriman dan bertaqwa. Saya ingin mengajak kepada seluruh umat muslimin khususnya yang hadir, selain itu dapat memaknai peringatan Isra Miraj ini, momentum peringatan itu sudah ditunggu para jamaah," imbuhnya.

Selama proses peringatan kegiatan tersebut jamaah tetap menaati anjuran-anjuran dari pemerintah untuk mencegah menularan COVID-19 dengan tetap jaga jarak dan menggunakan masker dalam kegiatan ini. Kebetulan jumlah pengunjung juga tidak sepadat tahun sebelumnya.

Kegiatan ini turut dihadiri Abdul Majeed salaku ketua LAM R kec. Kateman beserta jajaran,AKP. Afrizal Polsek Kateman.Laskar Melayu Riau, Gerakan Peduli Sesama Kateman serta Ustadz Dr. H SAIDUL Amin, MA(Wakil Ketua II BAZNAS Provinsi Riau)  selaku pengisi tausiah diacara ini. (Sr)






Tulis Komentar