Hobi Baru Anggota DPRD Menjadi Sorotan Warga

KILASRIAU.com - Ternyata kegemaran dan hobi anggota fraksi Partai Gerindra ini banyak tidak diketahui orang termasuk teman-temannya. Yang mana ia membudidayakan kurma sejak 2018 yang lalu sehingga beliau dijuluki si bapak kurma kuansing.

Selain membudidayakan kurma ternyata anggota fraksi Partai Gerindra ini juga mempunyai hobi lain yang tidak disangka-sangka. Rupanya beliau membudidayakan lebah trigona itama yang madu nya sekarang sedang viral dan laku keras di pasaran.

Lebah trigona itama berguna untuk penyerbukan bunga dan Lebah ini didapati di pohon kayu tua. Dipenangkaran biasanya saya ditemani asisten sekaligus untuk di perkebunan kurma. ujar pemilik Toserba Indrako ini kepada Media Online Kilasriau.com, Minggu (28/2/21) saat ditemui di tempat penangkaran lebah trigona itama miliknya tsb.

Gumir tertarik melakukan penangkaran ini karena pengolahannya sangat simple sekali. bahan untuk pembuatan stup/kotak tempat koloninya bisa dg kayu /papan bekas yg berukuran 30-40 cm. idealnya stup sekat untuk koloni trigona ini berukuran 15x16x36cm.( 35x35 SP 40x40 x10 utk itama/ galo-galo), kemudian untuk topingnya juga bisa dari bahan kayu bekas.

"Dari situlah saya lebih optimis dan semangat membudidayakan ternak lebah trigona itama ini", lanjutnya.

Menurut Gusmir Indra, saat ini madu klanceng (lebah trigona, red) juga menjadi objek pengobatan dan bahan penyembuhan penyakit yang sedang ngetren di kalangan pengidap kolesterol. Apa lagi dimusim covid 19 ini berguna untuk meningkatkan imun tubuh.

Pada tahun 2010, sebuah studi oleh School of Exercise and Nutritional Sciences, San Diego State University, San Diego, CA, membandingkan konsumsi madu versus sukrosa selama 116 hari menunjukkan bahwa, madu menurunkan kadar kolesterol total dalam darah.

( Nutrition Research New York, 2011 Jan; 31 (1): 55-60 ).

Madu klanceng ini cukup bagus untuk dipasarkan dan akan merubah kebiasaan  atau gaya hidup sehat masyarakat Kuantan Singingi nantinya.

Setiap satu stup mampu menghasilkan madu dengan berat sekitar setengah kilogram per satu kotaknya. Jadi  tidak tertutup kemungkinan satu atau dua tahun ke depan madu kita akan membuahkan hasil yang memuaskan, ungkap Indrako.

Untuk saat sekarang ini yang ingin mencicipi dan ingin membeli madu hasil dari pembudidayaan yang kita lakukan, yaa.... silahkan datang ke tempat penangkaran dan langsung dipanen dari stupnya untuk merasakan keaslian madu klanceng kita ini. tandasnya.
**(ag)






Tulis Komentar