Kades Sekayan Membuat Kebijakan Penyaluran Honor dan Penghasilan Tetap Dibayarkan Non Tunai

KILASRIAU.com - Kepala Desa Sekayan Kecamatan Kemuning, Jumadi membuat kebijakan mengenai penyaluran honor dan Penghasilan tetap perangkat desa dibayarkan secara non tunai.

"Kebijakan ini sudah kita musyawarahkan bersama dengan BPD dan seluruh aparatur pemdes, hal ini kita buat untuk mengurangi resiko membawa uang tunai dalam jumlah banyak, selain itu juga kita ingin mengembangkan dan memberdayakan Bumdes yang ada, yang salah satu unit usahanya adalah jasa keuangan" sebut kades.

"Pembayaran honor dan siltap mulai dari Kades, Perangkat Desa, RT, RW dan semua penerima honor sebagaimana yang telah ditetapkan dalam APBDes, memang selama ini dibayarkan secara tunai. Akan tetapi untuk pembayaran honor yang sekarang ini dan kedepannya akan ditransfer ke rekening masing-masing melalui Brilink milik Bumdes" papar beliau yang baru setahun menjabat sebagai kades.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Indragri hilir melalui Kabid Pemdes DWI BUDIANTO menyebutkan " Kami Dinas PMD memberikan apresiasi atas terobosan yang dilakukan oleh Desa Sekayan, baru ini lah satu-satunya Desa di Inhil  yang membayarkan honor siltap aparatur pemdes nya dengan cara non tunai. Kalau bisa seluruh Desa di kabupaten Indragiri Hilir ini bisa mengikuti jejak Desa Sekayan. Karena selain mengurangi resiko dengan membawa uang tunai, juga mengurangi resiko adanya potongan honor dan siltap oleh oknum di Desa. Selain itu juga untuk mengembangkan dan memberdayakan Bumdes yang ada di Desa" papar beliau

Untuk membuat perubahan kemajuan desa yang memfaatkan SDM dan SDA memang dibutuhkan langkah dan trobosan, dalam hal ini Kepala Desa Sekayan memang kerap melakukan "manuver" dan trobosan-trobosan untuk membuat perubahan dan kemajuan Desa nya, hal ini sesuai dengan slogan nya : "Kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas"(*)






Tulis Komentar