Kunjungi Kampung Tanggu Nusantara, Kapolres Inhil Dapat Bingkisan dari Kelompok Tani

KILASRIAU.com - Dalam rangka meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat Kapolres Inhil, AKBP Dian Setyawan bersama Wakapolres Inhil Kompol R Firdaus dan PJU Polres Inhil mengunjungi dua Kampung Tangguh Nusantara, Kamis (20/8).

Dua Kampung Tangguh Nusantara yang dikunjungi tersebut ialah Kampung Tangguh Parit 3 Tembilahan Barat, Kecamatan Tembilahan Hulu dan Parit 9 Kecamatan Tempuling.

Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan mengatakan bahwa kunjungannya bersama rombongan ke kampung tangguh nusantara adalah memberikan apresiasi kepada masyarakat, polsek dan kelompok tani dalam pembentukan Kampung Tangguh Nusantara.

“Kami juga merasa bangga sebab semua masyarakat turut mendukung pelaksanaan kampung tangguh ini sehingga dapat berjalan dengan luar biasa seperti pemberdayaan masyarakat, ketahanan pangan, kesiapan kampung tangguh dengan harapan bisa menjadi contoh bagi kampung-kampung tangguh lainnya,” kata Kapolres Inhil.

Dalam kunjungannya tersebut
tidak hanya melakukan kunjuan semata melainkan juga memberikan bantuan peralatan pertanian kepada kelompok tani serta melihat secara langsung kampung Tangguh Nusantara yang ada di desa baik di Tembilahan Hulu maupun di Tempuling.

"Saya sangat bersyukur karena para petani serta personil yang berada di wilayah Kampung Tangguh Nusantara ini antusiasnya sangat tinggi serta berperan aktif dalam mendukung program Kampung Tangguh Ketahanan Pangan, ditambah lagi dengan dihadiahi telur bebek yang sudah dipanen dari Kapolsek Tembilahan Hulu AKP Rhino dan kelompok tangguh Parit 3 Tembilahan Hulu ini," jelasnya.

Lebih lanjut,  Kapolres Inhil, AKBP Dian menuturkan bahwa pada mulanya lahan ini adalah lahan tak terpakai dan penuh semak belukar. Melalui Polsek agar diperdayakan serta dikelola bersama kelompok tani yang hasilnya nanti akan kembali pula pada kelompok tani itu sendiri.

"Jadi, tujuan dari pada Kampung Tangguh Nusantara ini selain sebagai kampung penanganan Covid-19 juga untuk mensejahterakan kelompok tani yang mengelola kampung tangguh di sini," ucapnya.

Terakhir Kapolres Inhil, AKBP Dian mengatakan luas lahan ketahanan pangan Kampung Tangguh di dua lokasi yang dikunjungi ini kurang lebih 3 hektar dan jenis tanaman dalam ketahanan bervariatif pangan berupa  bahkan ada ternak bebek petelur dan keramba ikan di Tembilahan Hulu.

"Tanaman yang ada di Kapumpung Tangguh Nusantara berupa; Jahe Merah, Cabe Rawit, Ubi Jalar Ungu, Ubi Jalar Madu, Bayam, Kangkung, Sawi, Jagung serta juga membudidayakan Ikan Nila, Ikan Patin, dan Peternakan Bebek Petelur. Maka dari itu kami berharap kepada kelompok tani agar kedepan lebih ditingkatkan lagi dalam pengolahan lahan yang mati menjadi produktif dan menghasilkan," tutupnya.
 






Tulis Komentar