Sambut Hari Pengungsi Dunia Hadirkan Kemenkopolhukam, UNCHR, IOM dan Doktor Psikologi Sosial

KILASRIAU.com - Peringatan Hari Pengungsi Sedunia 2020 di Kota Pekanbaru dirayakan dengan menggelar Seminar Nasional Online, Sabtu (20/6/2020).

Seminar nasional di taja Komunitas Virtual dengan Psikologi (Kovid Psikologi) dan dimoderatori mahasiswa Magister Psikologi Mengisi Erlinda S.Psi, yang juga merupakan Kepala kantor IOM di Pekanbaru.

Dalam Seminar Nasional Online tersebut menghadirkan para narasumber dari Lembaga PBB yaitu UNHCR (The United Nations High Commissioner for Refugees) Mrs. Ann Maymann dan IOM (International Organization for Migration) Mr. Dejan Micevski; serta dari perwakilan pemerintah yang memiliki tugas dalam penanganan pengungsi yaitu Ketua Harian Satgas Nasional Pengungsi Kemenkopolhukam Brigjen Pol (P) Drs. Chairul Anwar,Sh., MH serta Doktor Psikologi Sosial UIN Suska Riau Dr. Harmaini, M.Si.

"Kegiatan ini dilakukan secara Bilingual dimana antusias peserta lebih meningkat dari sebelumnya, yang terdaftar sebagai peserta 640 orang dari seluruh daerah di Indonesia dan Luar Negeri seperti Australia, Singapura dan lain-lain Views youtube mencapai 1.005 dari 7 jam tayang YouTube,” Ungkap Cahaya Makbul Tim Kovid Psikologi, Jumat, (19/6/2020)

Kemudian, Ketua Harian Satgas Nasional Pengungsi Kemenkopolhukam Brigjen Pol (P) Drs. Chairul Anwar,Sh., MH menyatakan bahwa terdapat 13.515 pengungsi yang terdapat di beberapa kota di Indonesia saat ini.

"Satgas Penanganan Pengungsi  Kemenkopolhukam terus berupaya melakukan penanganan pengungsi bersama pemerintah daerah dan lembaga-lembaga internasional seperti UNHCR dan IOM, dibawah payung hukum Perpres no 125/ 2016. Banyak PR yang masih perlu dibenahi baik dari Perpres 125/ 2016 yang kedepannya akan ditinjau ulang, peningkatan koordinasi dan peranan pemerintah daerah serta payung hukum lainnya yang mengatur pendidikan, kesehatan, pekerjaan dan kegiatan lainnya bagi pengungsi di Indonesia," terangnya

International Organization for Migration yang diwakili oleh Mr. Dejan Micevski menjelaskan tentang penanganan pengungsi yang berada dibawah perawatan IOM di Indonesia. "IOM mendukung pemerintah dalam penanganan pengungsi yang berada di 8 kota di Indonesia dalam hal pemenuhan kebutuhan dasar, perawatan dan perlindungan pengungsi dan kegiatan pengungsi bersama masyarakat setempat melalui upaya sukarela dari pengungsi sendiri," jelasnya

Mr. Dejan Micevski menyebutkan bahwa "di masa pandemic Covid19 pengungsi telah melakukan berbagai kegiatan diantaranya pembuatan masker kain di Pekanbaru dan kota-kota lainnya yang dibagikan kepada masyarakat sekitar,"

Selain dari itu Perwakilan UNHCR untuk Indonesia Ms. Ann Maymann menyatakan rasa terima kasih atas inisiatif Kovid Psikologi dan UIN Suska Riau untuk melakukan kegiatan Seminar Nasional Online yang mengangkat tema Penanganan Pengungsi di Masa pandemic Covid19.

"Saya sangat terkesan karena kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari peringatan Hari Pengungsi Sedunia yang jatuh pada 20 Juni 2020.
Selamat merayakan World Refugees Day
'There is no exercise better for the heart than reaching down and lifting people up, John Holmes," Tutupnya.






Tulis Komentar