Pandami Covid-19, Plt. Camat Reteh: Pengawasan Pintu Masuk Terus Ditingkatkan

KILASRIAU.com - Upaya peningkatan keamanan terhadap penyebaran covid-19 Forkopimcam Kecamatan Reteh dan Tim Gugus tugas covid-19 serta para relawan covid-19 terus melakukan pengawasan di jalur pintu masuk.

Hal ini dilakukan karena di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) sudah ada yang dinyatakan positif virus covid-19.

Plt Camat Reteh, Arbani, S.Pd kepada KILASRIAU.com saat dikonfirmasi langsung mengatakan bahwa Pengawasan tetap dilaksanakan baik di perbatasan Tungkal yaitu sungai undan dan Sungai Asam maupun dari arah Kota Baru  yaitu di Sanglar.

"Semua pintu masuk sudah diperketat dan kita buat satu pintu di setiap wilayah yang ada di Kecamatan Reteh, tujuannya ialah agar masyarakat yang datang dari luar bisa langsung terpantau dan terdata," sebut Arbani, Minggu (19/4/2020).

Lebih lanjut lagi Plt. Camat Reteh Arbani menuturkan bahwa sudah di sediakan rumah isolasi mandiri khusus bagi masyarakat yang datang ke Kecamatan Reteh. Jadi, apabila ada masyarakat yang tidak melaporkan maka dilakukan tindakan lebih lanjut.

"Rumah isolasi mandiri ini di siapkan untuk pendatang yang tidak mau di isolasi di rumahnya. Tapi untuk makan minum tetap di sediakan oleh keluarganya, Kecuali sudah PDP maka di kirim ke RS. Maka dari itu bila ada warga kita yang datang tidak melapor atau masih tidak patuh maka dibuat surat pernyataan seandainya dilanggar maka siap untuk di proses," jelas Arbani.

Terakhir Plt. Camat Reteh Arbani berharap covid-19 ini segera berakhir mengingat sudah tinggal beberapa hari lagi bulan suci Ramadhan.

"Dan Alhamdulillah sampai saat ini kondisi di Kecamatan Reteh masih aman, semoga covid-19 ini segeralah menghilang karena kita kan sudah tidak lama lagi memasuki bulan Ramadhan, jadi dengan berkah Ramadhan nanti nya bisa mengangkat segala musibah yang kita alami saat ini,,, Amiin," tutupnya.

Kemudian sejalan yang disampaikan oleh Plt. Camat Reteh Arbani Direktur RSUD Rumah Sakit Tengkuk Sulung Dr. H Iswandi mengatakan bahwa sampai saat ini terus juga dilakukan himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat agar selalu berada dirumah saja.

"Selain kita melakukan sosialisasi dan himbauan, kita juga melakukan penyemprotan disinfektan bersama Tim gugus tugas covid-19 diantara nya, Fokopimcam, Relawan, Satpol-PP, Tim Kesehatan, Kepolisian, dan TNI. Ini dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19 di Kecamatan Reteh," ujar Iswandi.

Iswandi juga mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Inhil khususnya di Kecamatan Reteh agar selalu menjaga kesehatan diri dan mencuci tangan dengan sabun serta jika keluar rumah menggunakan masker.

"Alhamdulillah, Sampai hari ini di Kecamatan Reteh belum ada PDP, semua pandatang dari zona merah seperti pku adalah ODP yang di pantau selama 14 hari serta di isolasi diri di rumah, kemudian puskesmas juga sangat berperan penting dalam penanganan covid19 ini, maka dari itu mari kita sama-sama menjaga kesehatan diri dengan selalu mencuci tangan dan menggunakan masker pada saat keluar rumah," tutup nya.






Tulis Komentar