Ciptakan Rasa Aman, Tertib Serta Nyaman Dua Desa di Inhil Lakukan Patroli

KILASRIAU.com - Bertempat di antara dua Kecamatan Kempas dan Kecamatan Tempuling, Musaga Indragiri ( Mumpa-Sungai Gantang siaga) Kamtibmas melaksanakan Patroli, Minggu (15/3/2020).

Kepala Desa Mumpa Jumrani dan Syarifuddin kepala Desa Sungai Gantang kepada KILASRIAU.com mengatakan bahwa ini Musaga Indragiri Kamtibmas sendiri telah ini baru terbentuk sekitar dua Minggu yang lalu. Dan tergabung di dalamnya adalah Kepala Desa, Pemuda, Babinsa, Babinkantibmas, Dishub, tokoh masyarakat, dan  Prokopindes.

"Asal mula dari Musaga Indragiri Kamtibmas merupakan inisiatif dari kedua belah desa yang bertujuan untuk menciptakan rasa aman, tertib dan kenyamanan masyarakat yang ada di desa," kata Jumrani.

Lebih lanjut Jumrani menjelaskan bahwa Musaga Indragiri Kamtibmas ini beroperasi pada pukul 10.00 hingga selesai dan titik pengoperasian sendiri di fokuskan pada tempat keramaian atau yang dicurigai sebagai tempat tongkrongan pemuda-pemuda nakal

"Pengoperasian ini terkadang sampai jam 05.00 pagi, tergantung situasi pada saat di lapanga," sebutnya.

Selanjutnya Jumrani berharap dukungan dan supord dari pemerintah daerah khususnya dinas-dinas yang terkait.

"Karena yang menjadi kendala saat ini ialah Tempat pos di kedua desa, lampu penerangan jalan, papan Himbawan serta Kamera cctv, maka dari itu sangat perlu kiranya mendapatkan bantuan dan supord dari pemerintah daerah khusus nya dinas terkait," harapnya.

Kemudian, Kapolsek Kempas AKP Angga Wahyu Prihantoro,S.Sos,SIK.Sangat Mendukung Terbentuknya Komunitas Musaga Indragiri,Melalui Babinkantibmas Desa Sungai Gantang Aipda Herry Febriansyah.SH mengatakan bahwa dengan adanya Musaga Indragiri Kamtibmas merasa sangat terbantu Tugas Kepolisian Secara Preventif dan menciptakan Perpolisian masyarakat.

"Ya,dengan adanya Musaga Indragiri Kamtibmas Sangat Efektif mengurangi kenakalan remaja, pembegalan, dan lain-lainnya yang membuat meresahkan masyarakat," harapnya.

Dan berikut hasil kesepakatan rapat penindakan pembegalan dan kejahatan lainnya di wilayah Desa Mumpa Kecamatan Tempuling dan Desa Sungai Gantang Kecamatan Kempas (Jembatan Sri Gemilang) kamis, 05 maret 2020 antar nya;

1). Membetuk komunitas terkait kamtibmu bernama 'Musaga Indragiri' yang menggabungkan masyarakat Desa Mumpa Kecamatan Tempuling masyarkat Desa Sungai Gantang Kecamatan Kempas yang selanjutnya diketahui Kapolsek masing-masing desa dan mendaftarkan Komunitas tersebut ke Kesbangpol Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) untuk mendapatkan legalitas komonitas;

2). Membuat Grup WhatsApp bermana 'Musaga Indragiri' dengan anggota 3 (tiga) Pilar desa masyarakat Desa Mumpa Kecarnatnn Tempuling dan masyarakat Sungai Gantang Kecamatan Kempas;

3). Memasang baleho/ spanduk di kedua dean tersebut terkait himbauan Kamtibmas;

4). Melaksanakan patroli gabungan setiap malam Minggu dan malam Sabtu;

5). Pembuatan rompi sebanyak 10 pcs untuk menunjang patroli gabungan komunitas;

6). Membuat surat permohonan yang ditujukan ke Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Indragiri Hllir (Inhil) terkait pengadaan papan Himbawan permanen terkait Kamtibmas di Jembatan Sri Gemilang, pengadaan papan plang tanda dilarang berhenti di Jembatan Sri Gemilang, lampu penerangan Jembatan Sri Gemilang dan CCTV untuk memudahkan kinerja komunitas maupun aparat kepolisian dalam menjaga Kamtibmas.






Tulis Komentar