Hari Ini Pendaftaran dan Pemeriksaan Kesehatan bagi Relawan Karhutla Tembilahan Resmi Dibuka

KILASRIAU.com - Tepat pada hari ini 2 Maret 2020 Pembukaan Pendaftaran dan Pemeriksaan Kesehatan bagi Relawan Karhutla Tembilahan resmi dibuka yang  beralamat di Posko Relawan Karhutla Jln. M. Boya Tembilahan.

Dalam sambutan Bupati HM Wardan menyampaikan Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak Polres Inhil yang telah membuat suatu terobosan yang sangat baik.

"Alhamdulillah pada pagi hari ini kita dapat bersama-sama hadir dalam pembukaan pendaftaran relawan penanganan karlahut," kata Bupati Inhil.

Bupati HM Wardan berharap kedepannya dengan dibukanya pendaftaran relawan penanganan karlahut ini dapat menekan terjadinya pembakaran hutan dan lahan khususnya di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

"Semoga dengan adanya satelit Dashboard Lancar Kuning ini kita dapat lebih cepat dalam penanganan karlahut di Inhil. Maka dari itu saya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak lagi membuka lahan dengan cara dibakar," imbuhnya.

Selanjutnya, Kapolres Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), AKBP Indra Duaman Siahaan SIK melalui Waka Polres Inhil Kompol R Firdaus mengatakan bahwa Dashboard Lancang Kuning. Kini, dengan adanya aplikasi bernama dapat mengatasi karhutla di Riau khususnya di Kabupaten Inhil.

"Karena, Melalui aplikasi ini, masyarakat dan instansi dapat bersama-sama mencegah karhutla. Aplikasi Dashboard Lancang Kuning merupakan suatu sistem penanganan kebakaran hutan secara terukur, terstruktur dan efisien," kata Waka polres.

Kemudian Waka Polres menjelaskan bahwa Aplikasi ini terintegrasi dengan 4 satelit; Terra, Aqua, Lapan, dan NOAA. Dengan demikian aplikasi ini dapat memberikan informasi karhutla secara akurat untuk mendeteksi titik koordinat hotspot dan melakukan verifikasi di lapangan sehingga memudahkan para petugas melakukan pemadaman.

Aplikasi ini dapat menjadi rujukan untuk memobilisasi petugas di lapangan, peralatan dan sumber daya lain yang digunakan untuk keperluan pemadaman. Anggaran penanganan karhutla juga bisa mengacu pada data dari aplikasi ini. Dengan adanya aplikasi ini, proses pemadaman dapat lebih efektif, transparan dan akuntabel.

"Maka dari itu, mari sama-sama kita bahu membahu untuk menangani permasalahan karlahut yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil)," tutupnya.

Selaras apa yang di sampaikan oleh Waka Polres Inhil,  Dandim 0314Inhil Letkol Inf Imir Faishal mengatakan bahwa permasalahan karlahut di Inhil ini merupakan tanggung jawab bersama.

"Permasalahan karlahut ini secara tidak langsung menampar kita semua, karena apa? Karena, Ini masalah yang sudah bertahun-tahun terjadi hingga sampai belum juga terselesaikan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga Dandim Inhil menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat baik dari pemerintah, OPD, TNI-Polri, kaula muda dapat bersama-sama menuntaskan permasalahan karlahut ini.

"Semoga dengan permasalahan ini dapat memacu kita untuk bersama-sama menangani karhutla dan saling bersinergi," tutup nya.

Informasi pendaftaran bisa langsung datang ke posko Karlahut dengan mengisi form yang sudah di sediakan oleh panitia dan syarat nya cuku dengan membawa foto kopi KTP serta dibuka untuk umum.






Tulis Komentar