Aslimuddin Resmikan Gerakan Satu Hati di Kecamatan Tempuling

KILASRIAU.com - Bupati HM Wardan yang diwakili oleh Kepala Kesebangpol Kabupaten Inhil secara langsung meresmikan gerakan satu hati di UPT Puskesmas Sungai Salak Kecamatan Tempuling Kabupaten Inhil-Riau, Sabtu (22/2/2020).

Tujuan dari kegiatan gerakan satu hati ini adalah untuk mendukung program nasional dalam mengakselerasi penurunan angka stunting, memberikan pelayanan kesehatan, mendukung puskesmas/petugas kese-hatan untuk memberikan pelatihan lanjutan kepada kader posyandu, dan menguatkan sinergisitas dan koordinasi dinas dan lembaga yang ada.

Drs H Aslimuddin mengatakan bahwa
Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin telah menetapkan salah satu fokus utama kerja dalam periode kedua kepemimpinannya, yakni membangun sumber daya manusia (SDM) unggul. pilihan ini antara lain diwujudkan dengan mempersiapkan anggaran kesehatan pada tahun 2020 cukup besar yaitu Rp. 132,2 Triliun, hampir dua kali lipat dari tahun 2015. anggaran ini salah satunya untuk memastikan angka kasus kekerdilan (Stunting) bisa ditekan sesuai target yakni menurun 14% dalam lima tahun mendatang.

"Maka dari itu, untuk mencapai target yang telah ditetapkan, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) segera melakukan penjabaran kegiatan dalam sebuah gebrakan yakni gerakan satu hati Kabupaten Inhil, dimana kegiatan ini merupakan suatu kegiatan yang amat penting dalam menggebrak desa dan kelurahan supaya sadar dan peduli terhadap persoalan stunting," kata Aslimuddin.

Menurut Aslimuddin dengan kegiatan gerakan satu hati Kabupaten Inhil ini nantinya akan terlibat semua pemangku kepentingan dalam program desa maju Indragiri Hilir Jaya plus terintegrasi (Dmij Plus Terintegrasi) dengan fokus kegiatan adalah adanya sinergitas dan integrasi dalam pengurangan angka stunting sebanyak 2.070 jiwa yang ada di Kabupaten Inhil, dengan menggalang kekuatan berbagai program dan kegiatan yang ada di dinas dan lembaga terkait serta personil kader posyandu yang selama ini telah dibina oleh program DMIJ plus terintegrasi yang bernaung di posyandu yang ada di tingkat desa dan kelurahan  se-Kabupaten Inhil yang berjumlah 552 posyandu.

"Kita tidak tahu apakah kondisi tubuh sedang fit atau tidak itu mempermudah bakteri masuk kedalam tubuh, pada akhirnya bakteri tersebut dapat mempengaruhi ibu hamil atau bahkan memperburuk keadaan anak-anak yang mengalami stunting. dampak stunting bagi individu adalah kemampuan kognitif menurun, dan fungsi tubuh tidak seimbang.

Kemudian Aslimuddin menuturkan bahwa stunting merupakan masalah gizi kronis yang disebabkan oleh buruknya asupan gizi anak dalam jangka waktu yang cukup lama, sehingga  anak yang mengakibat-kan tinggi atau panjang badan anak  yang tidak sesuai umur, sehingga anak terlihat jauh lebih pendek (kerdil) dari pada teman-teman seusianya. namun sanitasi yang buruk juga dapat menyebabkan masalah stunting, karena sanitasi yang buruk juga sangat berperan dalam menimbulkan sumber bibit penyakit.

"Melalui kesempatan yang baik ini, saya mengucapkan terima kasih kepada OPD terkait, lintas sektor dan puskesmas, camat dan kepala desa karena sudah mendukung program ini dan ke depannya agar  lebih bersemangat lagi dalam menguatkan komitmen, meningkatkan tekad dan semangat kita semua untuk lebih memberi makna pada kita semua akan pentingnya kesehatan, semangat melayani, semangat menggerakkan, semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdaya-kan, dalam pencapaian derajat kesehatan kita semua," tutup nya.

Adapun kegiatan gerakan satu hati ini antara lain:

1). Penimbangan dan  pengukuran berat  badan, panjang badan  dan tinggi badan bayi / balita.

2). Pemberian sarapan tambahan anak (sapta) di desa,

3). Pemberian vitamin a bagi bayi / balita,

4). Pemeriksaan kesehatan pada ibu hamil danibu menyusui.

5). Pemberian makanan tambahan (PMT) bayi / balita, dan

6). Pengukuran dan penimbangan bayi/ balita dilaksanakan menggunakan alat antromopetri

Turut hadir dalam acara gerakan satu hati ini ialah Drs.H.Aslimudin dikukuhkan sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Camat Tempuling, Ridwan SSos MSi ,Marlis Syarif .S.Sos.MH Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), H.Maizul ,SE.MM Kepala Bidang Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Pada Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Ketua TP PKK Kecamatan Tempuling Mursyidah, SKM.M.Kes, Kepala Puskesmas Sungai Salak, Syaiful Ahwan , Lurah Sungai Salak , Babinsa, Babinkantibmas.






Tulis Komentar