Sekretariat Daerah Kabupaten Inhil Arifin: Tingkat Prestasi MTQ di Tingkat Kabupaten & Provinsi

Ketua Umum H. Afrizal dan Seketaris Umum H. Arifin

KILASRIAU.com - Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Inhil H. Arifin berupaya meningkatkan prestasi Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) di Tingkat Provinsi dan Kabupaten.

Seketaris Kesra Kabupaten Inhil mengatakan pemerintah akan meningkatkan prestasi di bidang keagamaan khususnya MTQ. Dan langkah awal akan mendata seluruh SDM yang ada di Inhil dan memberi program pelatihan dan insentif serta akan bangun kampung kur'ani.

"Memang kemarin rapat kerja daerah (Rakerda) Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) tahun 2019 lalu yang di hadiri oleh Camat, KUA, LPTQ Kecamatan serta pengurus MTQ Kabupaten dan semua bersepakat, ingin meningkatkan prestasi. Karena kita prihatin, kemaren kita MTQ di kabupaten Kampar hanya pada urutan ke - 9, menyikapi itu, LPTQ bersama pemerintah akan membuat langkah-langkah strategis agar prestasi kita Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) bisa lebih baik meningkat untuk tahun kedepan," kata Arifin, Selasa (14/1/2020).

Seketaris Kesra Kabupaten Inhil menututurkan pertama akan mengevatisir potensi - potensi Qor'i-Qari'ah, mulai dari anak-anak, putra-putri, Tilawah, Tahfiz tafsir, dan caranya adalah dalam strategis akan mengivatarisir kemudian di bina dengan mensupot mereka dalam belajar, misalnya kalau di Pekanbaru, akan memberikan insentif untuk tempat tinggal dan kemudian di arahkan untuk belajar Al-Qur'an di tempat-tempat yang di Yakini, tempat yang bagus untuk meningkatkan prestasi.

"Mereka yang tersebar di daerah, kecamatan dan bahkan di luar daerah mereka menuntut ilmu disana. Ini potensi - potensi inilah yang ingin kita bina, rangkul supaya bisa memperkuat Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) MTQ tingkat Provinsi. Kemudian, tahun 2020 kita akan mempercepat MTQ, tidak seperti biasa di ujung-ujung sehingga waktu pembinaan kita sangat sempit, dan tahun kemaren kita hanya sebulan Pemantapan. Jadi, tahun 2020 kita  mempercepat, Insa Allah Januari - Februari kita sudah  minta kepada Lurah dan kades sudah melaksanakan MTQ tingkat desa dan kelurahan. Selanjutnya Maret-April kita minta pada Camat, KUA Kecamatan sudah melaksanakan MTQ tingkat kecamatan sehingga dibulan  Juni di minggu pertama kita sudah melaksanakan MTQ tingkat Kabupaten yang bersamaan dengan dan milad Inhil," jelasnya.

Seketaris Kesra Kabupaten Inhil mengungkapkan kampung Qur'ani yang sudah menjadi program Bupati Inhil, Islamic center diharapkan bisa nanti dicetak Qor'i- Qari'ah, hafiz-hafizah, mufassir-mufassirah, dan Harapan Bupati Inhil, tahun 2020 penyempurnaan bangunan dan disempurnakan, diperbaiki dan 2021 sudah fungsional artinya sudah dimanfaatkan anak-anak, putra-putri yang sudah fokus belajar disana walaupun tidak semua cabang tetapi sudah ada di tahun 2021.

"Jadi, semua cabang yang di perlombakan di dalam Musabaqah ada 8 Cabang, diharapkan islam Center pemusatan pelatihan nya, diambil dari utusan Desa dan Kecamatan yang melaksanakan magrib mengaji, satu desa, satu rumah Tahfiz tersebut, nanti diseleksi yang terbaik kita akan masukan kampung Qur'ani, disana mereka belajar dan disana mereka sekolah dan Kita harapkan instansi terkait yang membangun nya, baik asrama, tempat pelatihan, pemondokannya dan mudah-mudahan rampung nanti 2020 - 2021, kami LPTQ dan bagian Kesra dan instansi terkait juga akan memfungsionalkan nya," tutupnya.






Tulis Komentar