PJ Walikota Makassar Sambut Baik Rencana Pelaksanaan UKW IWO Sulsel

KILASRIAU.com - Penjabat (PJ) Wali kota Makassar Iqbal Suhaeb, menyambut baik rencana Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang akan digelar Ikatan Wartawan Online (IWO) Sulsel.

Iqbal menyebutkan hal tersebutkan sampai saat ketua IWO Sulsel bersama panitia pelaksana UKW IWO Sulsel di ruang kerjanya di Kantor Balaikota Makassar jalan Ahmad Yani, Senin (23/12/2019).

"Kita mendukung sepenuhnya kegiatan kegiatan bersifat positif yang dilakukan teman-teman organisasi wartawan. Salah satunya uji kompetensi guna peningkatan kapasitas para jurnalis baik secara internal maupun eksternal." ucap Iqbal Suhaeb di ruang kerjanya.

Lebih lanjut, Iqbal berpesan kepada pengurus IWO Sulsel untuk selalu menyajikan pemberitaan yang berimbang dan positif dalam rangka mendukung kerja kerja pemerintahan.

Ditempat sama, Ketua IWO Sulsel Zulkifli Tahir pada kesempatan tersebut menjelaskan keberadaan organisasi wartawan online pertama di Indonesia ini, sebagai bentuk pengawalan kinerja wartawan secara profesional, salah satunya adalah UKW.

"Mengapa IWO menggelar UKW sebab itu adalah program kerja IWO Sulsel untuk membekali pengurus dan anggota IWO serta seluruh wartawan di Sulsel  dalam mengawal kinerja wartawan di lapangan. Karena bagaimana bisa wartawan bisa bekerja secara profesional jika belum bersertifikat." ujarnya.

Abang Culeq sapaan akrabnya menambahkan, Sertifikat UKW dari Dewan Pers ibarat SIM bagi pewarta dimanapun berada dan hal ini juga membantu perusahaan media agar lolos verifikasi di Dewan Pers.

Sementara Kabid Humas IWO Sulsel Ishadi Ishak, mengatakan bahwa pelaksanaan UKW  bukan hanya dikhususkan bagi anggota IWO namun terbuka untuk umum, "Tidak menutup kemungkinan peserta UKW ini tidak hanya lingkup anggota IWO saja, namun juga terbuka untuk semua wartawan yang ada di Sulsel." katanya.

"Perlu diketahui, IWO Sulsel bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan Jurnalistik Antara (LPJA) selaku penguji dan pemateri dalam Uji Kompetensi Wartawan ini." tutup Ishadi.

Turut hadir pada kegiatan ini, Kadis Infokom Makassar Ismail HAji Ali, Asisten 1 M Sabri, Ketua IWO Sulsel Zulkifli Thahir, Wakasek IWO Syarifuddin dan Kabid Humas sekaligus Ketua Panitia UKW IWO Sulsel Ishadi Ishak. (**)






Tulis Komentar