Adakan BDS, Kantor Wilayah DJP Riau Edukasi Pelaku Usaha Perkebunan di Siak Sri Indrapura

KILASRIAU.com - Dalam rangka melakukan pembinaan terhadap Wajib Pajak khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Kantor Wilayah (Kanwil)  Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Riau bersama KPP Pratama Pangkalan Kerinci dan KP2KP Siak Sri Indrapura mengadakan Business Development Services (BDS) di Siak Sri Indrapura, (12/12/2019).

Kegiatan BDS dengan peserta pelaku usaha perkebunan kelapa sawit di wilayah kabupaten Siak ini, dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Siak, Ketua DPRD Kabupaten Siak, Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Siak dan beberapa pejabat lainnya.

Acara di buka dengan sambutan oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Riau, Edward Hamonangan Sianipar. Dalam kesempatan tersebut, beliau menjelaskan jika Gross Domestik Bruto wilayah Provinsi Riau digerakkan sebanyak lebih dari 80% oleh produk kelapa sawit dan turunan kelapa sawit.

“Kanwil DJP Riau akan lebih fokus melakukan pembinaan terhadap para pelaku usaha perkebunan dan memastikan mereka memahami kewajiban perpajakan yang mereka miliki” ujar Kakanwil DJP Riau tersebut.

Tema kegiatan BDS ini adalah “Meningkatkan Produktifitas Petani Sawit”  dengan materi utama yang akan disampaikan menyesuaikan dengan kebutuhan para pelaku usaha perkebunan di wilayah Provinsi Riau sepert perbaikan cara budidaya kelapa sawit, permodalan perkebunan sawit, penerapan teknologi budidaya untuk peningkatan produksi kelapa sawit, pensertifikatan lahan kebun kelapa sawit rakyat (Aspek Legalitas Lahan Sawit Rakyat), kebijakan pemerintah pusat dan daerah untuk pengembangan usaha sektor perkebunan kelapa sawit rakyak, pospek usaha perkebunan kelapa sawit.

Selain materi diatas, ada juga beberapa materi tambahan seperti Kredit Usaha Rakyat Perkebunan Kelapa Sawit yang juga  disampikan pada kesempatan tersebut.

“Dengan penyelenggaraan BDS ini kami berharap dapat memunculkan manfaat bersama untuk pembinaan berkelanjutan. Petani dapat menyampaikan permasalahan yang dihadapi untuk meningkatkan produktivitas dan mutu produksi kebun kelapa sawit. Forum BDS ini dapat dijadikan media komunikasi, baik antar Petani, maupun dengan koperasi, instansi dan asosiasi.” Ujar kepala Kanwil DJP Riau saat mengakhiri sambutannya.

Acara berjalan dengan lancar dan para pelaku usaha perkebunan sangat antusias dalam mengikuti acara tersebut. Diselingi dengan pembagian berbagai hadiah dan doorprize, Panitia mengharapkan BDS kali ini membawa banyak manfaat bagi pelaku usaha perkebunan dan meningkatkan sumbangsih mereka dalam penerimaan negara pada sektor pajak.






Tulis Komentar