Kepala BPS Inhil Ajid Hajiji Harap Seluruh Masyakat Inhil Bisa Ikut Berpartisipasi

KILASRIAU.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melalsanakan jalan sehat sosialisasi SP2020, Kamis (12/12/2019).

Pelaksanaan ini ialah dalam rangka sosialisasi Sensus Penduduk yang akan dilaksanakan tahun depan, dan acara tersebut juga diikuti oleh Kepala BPS Indragiri Hilir beserta seluruh jajaran pegawai dan mitra BPS Inhil.

Adapun rute jalan sehat dalam rangka Sosialisasi SP2020 tersebut yakni sepanjang Jl. BAHARUDIN yusuf (Telaga Biru), Jl. H. Said, Jl. ABDUL manaf dan Jl. M.Boya.

Selain melakukan jalan sehat, sosialisasi dilakukan dengan membagi-bagikan leaflet yang berisi info dan pedoman mengenai metode Sensus Penduduk Online (SPO) dan juga membagikan pin SP2020.

Ajid Hajiji mengungkapkan sosialisasi Ini merupakan salah satu langkah awal, mengajak warga sekitar yang ada di Kota Tembilahan untuk turut serta berpartisipasi dalam pengisian Sensus Penduduk Online (SPO) yang akan dilaksanakan pada 15 Februari – 31 Maret 2020. Selain Sensus Penduduk yang dilaksanakan Online, Sensus Penduduk juga dilakukan dengan wawancara pada bulan Juli 2020.

"Ada sedekit perbedaan dengan enam sensus penduduk sebelumnya, pada SP2020 pencacahan lapangan akan menggunakan data dasar dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri. Dengan cara ini, SP2020 dapat menghasilkan data dasar kependudukan yang sangat strategis dan terkini dalam rangka menuju satu data kependudukan Indonesia. Selain itu, untuk pertama kalinya pengumpulan data pada sensus penduduk dilakukan melalui beberapa moda pencacahan. Pertama, pengisian kuesioner secara online (Sensus Penduduk Online) melalui website atau disebut dengan moda CAWI (Computer Aided Web Interviewing). Kedua, pengisian kuesioner melalui wawancara oleh petugas menggunakan kuesioner elektronik atau CAPI (Computer Assisted Personal Interviewing) dan kuesioner kertas atau PAPI (Paper and Pencil Interviewing)," jelas Ajid Hajiji Kepala BPS Kabupaten Inhil.

Ajid Hajiji berhap kepada seluruh masyarakat Kabupaten Inhil agar dapat berpartisipasi dan ikut serta dalam pencatatan sensus penduduk tahun depan.

"Besar harapan kami kepada seluruh masyarakat Inhil agar bisa ikut serta dalam pencatatan Sensus nanti. Apa lagi dengan teknologi yang sudah terbilang canggih, tentu tidak ada lagi namanya tidak ikut serta," harapnya.






Tulis Komentar