Himagrotek Agroteknologi Faperta Unisi : Perbanyakan Stek Miana ( Coleus benth)

Faperta Unisi

Kilasriau.com - Seluruh Mahasiswa/i program studi  Agroteknologi Fakultas Pertanian Unisi melakukan salah satu kegiatan minat bakat di bidang perbanyakan vegetatif yang dalam hal ini melakukan stek tanaman miana pada 16 Oktober 2019 di Labor lapangan Prodi Agroteknologi.

Ini merupakan kegiatan Hima Prodi Agroteknologi yg disingkat Himagrotek dimana dibawah hima ini ada bidang minat dan bakat yg terdiri dari : Minat perbanyakan tanaman, Minat media tanam dan pupuk organik, Minat budidaya hortikultura, minat budidaya di lahan  sempit.

Dengan didampingi dosen, Mahasiswa/i bisa menunjukkan jati diri maupun menambah ilmu dan wawasan guna menambah ilmu dan skill nantinya setelah menjadi alumni. Kegiatan Ini adalah salah satu minat yang ada di program studi Agroteknologi yaitu stek yang termasuk kedalam minat perbanyakan vegetatif.

Pada saat ini tanaman miana sangat ramai diminati di masyarakat terutama ibu-ibu yang memiliki hobi menanam bunga di pekarangan karena selain warnanya yang indah, bunga ini juga banyak ragam warnanya sehingga sangat menarik untuk dilihat.

"Ini menjadi peluang bagi kita untuk mengembangkan stek miana, karena selain mudah, stek bunga ini bisa menjadi nilai ekonomis nantinya"
Ujar Ibu Intan Sari selaku Ketua prodi Agroteknologi yang mendampingi hari ini.

Perbanyakan Stek miana sangatlah mudah, karena kita menggunakan batangnya untuk bahan perbanyakan vegetatif stek. Ada pula hal yang harus diperhatikan agar tanaman stek tumbuh dengan baik. "Pada saat melakukan stek miana, sebaiknya pada saat memotong bagian batang miana yang akan distek dipotong miring agar permukaan akar yang akan tumbuh lebih luas, itu akan mempengaruhi baik atau tidaknya pertumbuhan tanaman miana tersebut. Dan juga sebaiknya  memangkas sedikit daun diatas batang miana yang akan kita stek, ini bertujuan agar tidak terjadi transpirasi (penguapan)" terang Bapak Yoyon riono selaku pembina perbanyakan vegetatif.

Kegiatan ini diharapkan mampu mengembangkan kreativitas Mahasiswa/i untuk pengaplikasian teori yang selama ini Mahasiswa/i pelajari. Kegiatan ini akan disusul dengam kegiatan minat yang lain.






Tulis Komentar