TNI Berjibaku Padamkan Karhutla

KILASARIAU.com - Sebanyak 150 titik panas terpantau di Riau hari ini, Senin (2/9/2019). Dari ratusan hotspot tersebut terbanyak terdapat di Kabupaten Rokan Hilir dengan 49 titik.

Di Rohil, salah satu titik api terpantau di Kepenghuluan Sei Manasib, Kecamatan Bangko Pusako.

Guna mengatasi bencana kebakaran tersebut, Koramil 05 Rimba Melintang, Kodim 0321/Rohil langsung turun ke lokasi guna melakukan pemadaman.

Dipimpin Sertu Adi Asmaja, lima personel Koramil 05/RM serta dibantu pihak kepolisian, pihak aparat desa dan masyarakat setempat terjun ke lokasi dan berjibaku memadamkan api.

"Kebakaran sudah terjadi sejak sore kemarin, hari ini merupakan lanjutan pemadaman," kata Danramil 05/RM saat dikonfirmasi melalui Batituud Pelda Samsul Azhar, Senin (2/9/2019).

Kebun yang terbakar sebutnya, merupakan lahan sawit seluas 2 hektar milik RS Sianturi warga Balam, KM 27, Kecamatan Balai Jaya.

Kondisi lahan yang bergambut menyebabkan api cepat menjalar dan sulit dipadamkan. Selain itu, kondisi cuaca panas dan angin kencang juga menjadi hambatan dalam pemadaman.

"Tiupan angin yang kencang dan asap yang tebal yang membuat napas sesak menjadi salah satu faktor penghambat bagi tim untuk melaksanakan pemadaman," katanya.

Selain itu lokasi pemadaan juga cukup jauh dan tidak dapat dilalui kendaraan. Sehingga, segala peralatan harus dibawa berjalan kaki.






Tulis Komentar