Kabut Masih Selimuti Inhil, Puskesmas Pengalihan Keritang Bagikan Masker

Petugas puskesmas pengalihan keritang membagikan masker. (Diskes Inhil)

KILASRIAU.com -  Akibat Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) di sejumlah lokasi, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) kembali diselimuti kabut asap bahkan diperairan jarak pandang hanya berkisar 1 kilometer. 

Melihat kondisi tersebut, Puskesmas Pengalihan Keritang berinisiatif untuk membagikan masker di sekitar wilayah kerja Desa Pengalihan Keritang, Jumat lalu (23/08/2019).

Pembagian masker ini dilakukan langsung oleh Kepala Puskesmas Pengalihan Keritang beserta Tata Usaha dan tenaga kesehatan Puskesmas. 

Masker yang diberikan tersebut langsung kepada pengendara sepeda motor, mobil dan pejalan kaki yang melintasi di jalan umum Desa Pengalihan Keritang. 

Kepala Puskesmas Pengalihan Keritang, Nurjihan, S.Kep mengatakan dengan adanya kegiatan pembagian masker merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya gangguan pernapasan.

Ia juga berharap semoga hujan turun dan kebakaran juga bisa padam sehingga kabut asap yang melanda Kabupaten Inhil hilang dan masyarakat bisa bernafas lega. 

"Semoga kabut asap ini cepat hilang dan kita semua bisa kembali menghirup udara yang segar seperti biasanya," Imbuhnya. 

Untuk diketahui bahayanya kabut asap bagi kesehatan manusia yakni mengganggu pernafasan,  nerusak paru-paru, bisa membuat batuk dan iritasi tenggorokan, menganggu fungsi jantung, serta  mengganggu kesehatan mata dan merusak kesehatan kulit. 

 

Laporan Arb

Sumber: https://dinkes.kabinhil.go.id/

 






Tulis Komentar