38. 863 Jama'ah Haji RI Sudah Pulang, 308 Wafat

Jama'ah haji

KILASARIAU.com - Lebih dari 300 Jama'ah haji Indonesia  dinyatakan meninggal dunia di musim haji 2019. Di sisi lain, pemulangan jemaah terus digeber secara bergelombang.

Dari data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji (Siskohat) Kementerian Agama per tanggal 22 Agustus tercatat, jumlah jemaah Indonesia yang sudah dipulangkan dari Arab Saudi sebanyak 38.863 orang.

Adapun 308 jemaah wafat, baik meninggal di Tanah Suci atau di pesawat dalam perjalanan. Kepala Daerah Kerja Mekah, Subhan Cholid, memastikan bahwa jemaah yang meninggal dunia akan dimakamkan di Tanah Suci.

Seluruh jemaah haji Indonesia - baik gelombang I dan II - diperkirakan bakal kembali ke Tanah Air pada 17 September 2019.
"Jika meninggal di Madinah maka akan dimakamkan Baqi'. Sedangkan jika wafat di Jeddah atau Mekah akan dikebumikan di pemakaman umum Suraya," kata dia. 

Fase pemulangan jemaah haji RI sendiri sudah dimulai sejak tanggal 17 Agustus 2019. Kepala Daerah Kerja bandara Jeddah-Madinah, Arsyad Hidayat, mengatakan per harinya ada 14-21 kloter jemaah RI yang diterbangkan untuk pulang.

"Tidak ada batasan dari pemerintah Arab Saudi soal berapa jumlah jemaah yang boleh dipulangkan per harinya. Kita hanya mendapatkan slot sebagaimana yang kita miliki bahwa kita ada sekitar 14 sampai 21 kloter per hari," ujarnya. 

Sementara untuk Jama'ah haji gelombang II pada sudah berangsur-angsur bergerak dari kota Mekah ke Madinah untuk menjalankan ibadah Arbain.

Pasalnya, jemaah gelombang II ketika sampai ke Tanah Suci langsung menuju Mekah. Berbeda dengan jemaah gelombang I yang mampir di Madinah dulu sebelum menjalankan rangkaian puncak haji di Mekah.

Awal pemulangan jemaah haji gelombang II ke Indonesia akan dimulai pada 30 Agustus, langsung dari bandara Prince Mohammad bin Abdulaziz, Madinah.


Pada musim haji 2019, Indonesia sejatinya memiliki jatah kuota 231.000 jemaah yang diberikan Pemerintah Arab Saudi dimana 214.000 di antaranya adalah jemaah haji reguler dan sisanya atau sebanyak 17.000 merupakan jemaah haji khusus.

Pun demikian, dalam data Kementerian Agama, total ada 215.377 jemaah haji Indonesia (termasuk petugas haji) yang mendarat di Tanah Suci. Mereka berasal dari 529 kloter.






Tulis Komentar