Mahasiswa KKN Sungai Perak Melaksanakan Pelatihan Cara Sambung Pucuk Bunga Bougenville

KILASARIAU.com - Salah satu mahasiswa KKN Sungai Perak melaksanakan pelatihan cara Sambung Pucuk Bunga Bougenville kepada siswa/i SD 016 Sungai Perak pada tanggal 27 juli 2019 yang lalu, Selasa, (31/07/2019). 

Dalam pemberian pelatihan bagi mana cara Sambung Pucuk Bunga Bougenville yang di sampaikan Mahasiswa KKN UNISI Fakultas Pertanian Prodi Agroteknologi yang bernama Perania Andila kepada siswa/i SD 016 Sungai Perak sangat antusias mengikutinya. 
   
Bougenville atau umum di kenal dengan nama Bunga Kertas yakni satu diantara bunga yang banyak dipelihara masyarakat pada umumnya, bunga yang mempunyai banyak pilihan warna. 

Perania mengatakan untuk tingkatkan keindahan dari bunga bougenvil, dapat diakukan berbagai langkah sambung atau okulasi untuk memperoleh bermacam warna dalam satu pohon.

"Okulasi pada bunga bougainvillea dapat dilakukan dengan berbagai cara sala satunya langkah sambung pucuk," kata Perania. 

Perania menjelaskan Langkah Sambung Pucuk Tanaman Bournville kepada siswa /i SD 016 Sungai Perak. 

"Langkah pertama tetapkan tanaman yang bakal disambung sisi pucuknya. Tanaman itu bisa ditumbuhkan dari hasil stek ataupun cangkok cabang bougenville awal mulanya. Tentukan cabang yang masih muda dengan warna masih kehijauan. Penentuan cabang yang masih tetap muda. 

batang-bawah-bougenville

Siapkan peralatan kerja, cukup memercayakan pisau cukur yang masih tetap tajam untuk pemotongan, tali untuk pengikat serta selubung plastik untuk membungkus hasil sambungan kelak.

alat-sambung-bougenvi

Lantas tentukan pucuk dari bougenvile type lain, dapat dari variasi daunnya serta bunganya. Di contoh itu batang bawah mempunyai warna hijau polos sebentar calon sambungan atasnya mempunyai warna daun hijau dengan corak warna putih. Tentukan cabang yang juga masih tetap muda, dengan diameter lebih kurang sama juga dengan juga cabang batang bawahnya. Apabila persediaan cabang bawah yang seukuran sulit didapat, dapatkah diambil cabang bawah yang sedikit semakin besar dari calon sambungan atasnya, asal jangan sampai pernah pernah pernah yang lebih kecil.

batang-atas-bougenvile

Lantas sistem penyambungan, potong cabang batang bawah dengan silet, kemudan irislah potongan tadi perkiraan di tengah-tengah diameter batang. Lantaran batangnya kecil jadi tak perlu di buat huruf V, jadi cukup dibelah atau diiris saja," jelas Perania. 

Perania berharap kepada siswa/i SD 016 Sungai Perak Semoga paham dan bisa mencontohkan dirumah,  serta mengajak orang tua, kerab untuk mencobanya, dan Kalau bukan sekarang kapan lagi kan ilmunya jangan dibuang karena ini untuk kedepannya semoga bermanfaat.






Tulis Komentar