Firdaus dan ASN Turun Langsung Bersihkan Sampah di Sungai Siak

Walikota Pekanbaru Firdaus bersama pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melaksanakan Aksi Bersih Sungai Siak, Kamis (20/6/2019).

KILASRIAU.com - Bersempena Hari Jadi Pekanbaru ke-235 tahun, Walikota Pekanbaru Firdaus bersama pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melaksanakan Aksi Bersih Sungai Siak, Kamis (20/6/2019).

Aksi Bersih Sungai Siak ini dimulai dari Masjid Nurul Iman hingga Rumah Singgah Tuan Kadi, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Senapelan. Sungai Siak adalah sungai yang memiliki fungsi strategis bagi Pekanbaru.

“Semoga aksi bersih yang kami lakukan ini bisa terus dilakukan oleh masyarakat sekitar, selain tentunya para ASN. Jangan sampai aksi bersih ini hanya menjadi aksi seremonial saja, tapi tidak dirasakan oleh masyarakat,” kata Firdaus.

Firdaus mengatakan, berdasarkan penglihatan di lokasi, Sungai Siak sudah dicemari oleh berbagai jenis sampai mulai dari sampah organik maupun non organik, selain tentunya tumbuhan air (gulma) seperti eceng gondok.

“Jika keberadaan Sungai Siak bersih dan bebas dari sampah, maka masyarakat yang melihat pun akan merasa nyaman. Apalagi masyarakat yang biasa nongkrong di tepian sungai Siak,” cakapnya.

Aksi bersih sungai ini melibatkan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Pekanbaru dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Pekanbaru. Termasuk juga Balai Wilayah Sungai Sumatera III, BKSDA, BPBD, Basarnas, Kodim 0301 Pekanbaru, Koramil 03/Senapelan, Polresta Pekanbaru, Polsek Senapelan, dan berbagai elemen masyarakat.

Aksi bersih sungai Siak ini bukan hanya seremonial belaka, namun diharapkan melalui aksi yang telah dilakukan dapat menjadi stimulan bagi masyarakat Pekanbaru khususnya di sepanjang tepian Sungai Siak agar lebih peduli terhadap lingkungan dan menimbulkan budaya bersih sungai Siak.






Tulis Komentar