Menjelang Ramadan, Harga Ayam di Pekanbaru Merangkak Naik

Ilustrasi

KILASRIAU.com - Seminggu jelang Ramadan, harga ayam di Pekanbaru melambung tinggi. Kenaikan harga sudah terjadi seminggu terakhir. Seperti pantauan di pasar Cipta Karya Ujung, harga ayam mencapai Rp28.000 per kilogram.

"Harga ayam memang terus naik sejak seminggu lalu. Hari ini sudah Rp28.000 per kilogram," ujar Ajo Eri, penjual ayam di pasar Cipta Karya Ujung, Sabtu (27/4/2019).

Ia memperkirakan harga ayam akan terus naik hingga memasuki bulan Ramadan mendatang.

"Perkiraan bakal naik lagi. Biasalah orang puasa perdana. Biasa permintaan ayam meningkat. Karena untuk puasa perdana orang-orang biasanya akan banyak yang masak daging. Baik daging ayam atau daging sapi. Kalau ayam kan lebih terjangkau harganya, jadi pasti lebih banyak permintaan untuk ayam," ujarnya.

Ia mengatakan, meski harga ayam naik, namun permintaan masih stabil dan belum ada pengurangan permintaan. "Kita kan punya langganan tetap, dari rumah makan contohnya. Jadi mau tak mau ya karena untuk jualan, mereka tetap beli," terangnya.

Kenaikan harga ayam ini dikeluhkan oleh ibu rumah tangga. Salah satunya disampaikan Indah, warga Perumahan Gesya Residence di Purwodadi Ujung.

"Mau puasa harga ayam naik terus. Pusing jadinya," ujar Indah.

Ia berharap agar harga ayam bisa kembali normal seperti semula. "Kalau kami pembeli tentu maunya yang murah. Harapannya ya harganya turun lagilah, normal seperti biasa," pungkasnya.






Tulis Komentar