Ini 5 Minuman Pendamping Sarapan yang Baik untuk Kesehatan

Sarapan sehat penting untuk menjaga berat badan ideal (Foto: thinkstock)

KILASRIAU.com - Sebelum memulai hari penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dengan sarapan. Tapi apakah mengonsumsi makanan sehat saja sudah cukup?

Minuman yang kita konsumsi saat sarapan juga memiliki manfaat yang tidak kalah penting untuk tubuh. Tugasnya adalah melengkapi nutrisi yang mungkin belum terpenuhi dari menu sarapan tersebut.

Nah apa saja minuman yang cocok jadi pendamping sarapan sehat? Berikut rangkumannya:

1. Susu

Minuman tinggi protein seperti susu cocok dikonsumsi saat sarapan. Segelas susu segar mengandung sekitar 80 kalori, 8 gram protein dan 30 persen kebutuhan kalsium harian untuk tubuh.

Konsumsi protein yang tinggi saat sarapan disebut dalam beberapa studi dapat membantu seseorang merasa kenyang lebih lama.

2. Jus buah

Minuman berikutnya yang bisa dikonsumsi saat sarapan adalah jus buah. Kandungan vitamin dan mineral dari buah dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kamu.

Hanya saja perhatikan agar tidak terlalu banyak menggunakan gula pada jus. Gula yang tinggi dalam jus buah dalam beberapa penelitian disebut bisa jadi salah satu sumber kalori ekstra penyebab obesitas.

3. Teh

Beberapa orang yang sedang berusaha menguruskan badan kadang memasukkan teh sebagai minuman favorit mereka saat sarapan. Alasannya karena kandungan antioksidan dalam beberapa teh diklaim dapat membantu tubuh memetabolisme lemak.

Selain itu kandungan antioksidan teh disebut juga baik untuk kesehatan pembuluh darah.

4. Kopi


Siapa yang tidak kenal manfaat kopi? Minuman mengandung kafein ini dapat membantu kamu lebih cepat terjaga dan fokus bila dikonsumsi di pagi hari.

Tapi yang perlu dicatat adalah batasi konsumsi kafein yang terkandung dalam kopi maksimal 500 miligram per hari. Satu cangkir kopi rata-rata mengandung sekitar 90 miligram kafein.

5. Air putih

Ya, air putih yang biasa saja sebetulnya sudah cukup baik menemani sarapan kamu. Ini karena kebanyakan orang tidak sadar mengalami dehidrasi saat bangun tidur dan tubuhnya membutuhkan cairan pengganti.

Air putih disebut beberapa ahli adalah sumber terbaik untuk menggantikan kebutuhan cairan tubuh. Tidak ada kandungan gula yang dapat berujung pada kalori ekstra atau kandungan tertentu yang dapat berujung pada penumpukan zat.






Tulis Komentar