Hati-hati! Depresi dan Stres Bisa Buat Otak Lebih Tua 10 Tahun

Depresi bisa buat otak lebih tua 10 tahun. Foto: ilustrasi/thinkstock

KILASRIAU.com - Berapa usiamu? 20 tahun? 30 tahun? atau 40 tahun? Semakin bertambah usia pasti semakin besar tanggung jawab dan tekanan yang dirasakan di dalam hidup. Dengan begitu, semakin rentan juga kita untuk merasa Stres dan Depresi.

Hati-hati lho, depresi bisa mempercepat penuaan otak kita. Berdasarkan penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Universitas Yale telah memindai otak orang-orang yang depresi pada usia 40-50 tahun. Pemindaian itu menunjukkan adanya kerapatan sinaptik atau jumlah koneksi di otak.

Dikutip dari Daily Mail, sinaptik adalah koneksi antar neuron yang memungkinkan informasi untuk melintas di wilayah otak. Ada sekitar 100 miliar neuron di otak yang masing-masing terhubung hingga sebanyak 10.000 koneksi.

Penulis utama Dr Irina Esterlis mengatakan bahwa pemindaian dengan PET menunjukkan bahwa kerapatan sinaptik 2-3 persen lebih rendah pada orang depresi kronis. Dan ini membuat usia otak menjadi lebih tua 10 tahun dari usia sebenarnya.

Parahnya lagi, depresi juga bisa memicu kehilangan memori lebih awal, kabut otak, bicara yang melambat, dan bahkan lebih awal berisiko terkena penyakit yang berkaitan dengan usia seperti Alzherimer.

"Orang depresi bisa berpotensi buruk, dan kita bisa melihat individu itu memiliki kerapatan di hippocampus yang mungkin akan menderita Alzheimer," ujar Esterlis.






Tulis Komentar