Sebanyak 2.105 Kotak Surat Suara Pemilu Dapil 1 Rohul Sudah Selesai Dirakit

KILASRIAU.com - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) terus bertarung dengan waktu menyelesaikan perakitan kotak surat suara Pemilu 2019. Dari 4 daerah pemilihan di Rohul, KPU setempat sudah merampungkan perakitan kotak surat suara untuk wilayah Dapil 1.

Ketua KPU Rohul Fahrizal ST.MT menjelaskan, jumlah kotak surat suara Dapil 1 yang sudah selesai dirakit sebanyak 2.105 kotak untuk 421 TPS yang berada di Dapil 1 (Kecamatan Rambah, Rambah Samo, Bangun Purba Dan Rambah Hilir). Kotak suara, yang sudah selesai dirakit tersebut disimpan di gudang KPU di Simpang Tangun.

Setiap kotak yang selesai dirakit diberi logo warna, masing-masing merah untuk DPD RI, kuning DPR RI, biru untuk DPRD provinsi, hijau DPRD kabupaten dan logo abu-abu untuk Pilpres. 

Selain itu, KPU juga sedang menyelesaikan perakitan sebanyak 1.560 kotak Suara untuk 312 TPS di Dapil 3 dan 2.000 Kotak Suara untuk 400 TPS di Dapil 4. 

Perakitan Kotak Suara Dapil 3 dan 4, dipusatkan di Kantor Dinas Sosial PPA baru, yang dipinjampakaikan Pemkab Rohul.

“Target kita perakitan kotak suara ini paling lambat selesai akhir Februari, tapi kita berupaya  tidak sampai akhir Februari karena KPU masih harus merekap kerusakan atau kekurangan yang akan dilaporkan secara berjenjang,“ cakap Fahrizal didampingi Komisioner KPU Bidang Data Sri Wahyudi.

Sementara perakitan sebanyak 1.910 kotak suara untuk 382 TPS di Dapil II, perakitannya dipusatkan di gudang KPU Jalan Tuanku Tambusai, tepatnya di depan Pasar modern.  

Dalam perakitan kotak suara ini, lanjut Fahrizal, KPU Rohul tidak merekrut tenaga tambahan dan hanya memberdayakan sekitar 15 Staf dari kantor KPU Rohul. 

Sementara untuk pengamanan Kotak suara di 3 tempat tersebut, tetap melibatkan aparat kepolisian yang dibantu Satpam KPU.

“Kita hanya libatkan staf KPU yang ada di jam kerja. biasanya Sabtu-Minggu juga kita bekerja untuk kejar target,” ucapnya.






Tulis Komentar