Dinas PUPR Cari Dana Melanjutkan Pembangunan Jembatan Mahato-Suka Damai

Foto: Monitorriau

KILASRIAU.com -‎ Sejak beberapa bulan terakhir, pembangunan jembatan penghubung antara Desa Mahato ke Desa Suka Damai Kecamatan Tambusai Utara terhenti.

Dari informasi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Rokan Hulu Anton ST, MT, melalui Kabid Sarana Prasarana Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Rokan Hulu‎ Khoirul Fahmi ST menyatakan, untuk melanjutkan proyek jembatan Mahato-Suka Damai membutuhkan dana besar.

Diakui Khoirul, proyek jembatan Desa Mahato‎-Desa Suka Damai yang telan dana lebih dari Rp 2 miliar, baru sebatas kontruksi bawah jembatan atau abutment (ABT).‎ Kini Dinas PUPR berupaya mencari dana, baik melalui Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi Riau atau dana APBN.‎

Katanya lagi, diperkirakan untuk kelanjutan jembatan dengan panjang sekitar 80 meter dan lebar 7 meter tersebut membutuhkan dana sekitar belasan miliar rupiah.

"Ini baru sebatas ABT lebih dari Rp 2 miliar. Masih kita cari dana, kini kita masih berusaha ke Pekanbaru dan ke Jakarta," ucap Khoirul, Selasa (12/2/2019).‎

Di tempat terpisah, Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH memperkirakan untuk melanjutkan proyek jembatan menghubungkan Mahato-Suka Damai telan dana sekitar Rp 16 miliar.‎

Kara Kelmi, dana sebesar itu perlu inisiatif dari pemerintah karena membutuhkan dana besar. Maka setidaknya perlu bantuan dari Bankeu Provinsi Riau atau APBN.

"Ini tentunya harus pemerintah yang berinisiatif. Bukan hanya tidak jembatan Mahato-Suka Damai saja, di Rohul ada enam lagi jembatan yang masih perlu dibangun," tegas Kelmi Amri.






Tulis Komentar